Cara Atasi Kinerja Android/Smartphone Lambat atau lemot dengan Developer Android 2021

Apakah anda merasa kinerja lambat atau sering berhenti secara tiba-tiba? dan apakah HP/android Anda hanya memiliki kapasitas RAM (Random Acces Memory) dibawah 3GB? Jika ya, sangat tepat anda menemukan artikel kami. Karena kami sudah memiliki pengalaman dan mencoba bagaimana aplikasi ini berhasil untuk menghapus aplikasi di android RAM 2GB dengan tujuan membuat kinerja Android menjadi lebih cepat tanpa harus memiliki Akses root.


Jika Anda belum puas dengan tutorial yg sudah anda coba selama ini, kami juga menyediakan “Cara Atasi Kinerja Android/Smartphone Lambat atau lemot dengan Developer Android 2021 Untuk mempercepat tampilan Animasi scale menjadi lebih cepat. Dengan cara masuk ke system Developer Android: Pilih system pengaturan, ketuk hingga muncul { Anda di izinkan menjadi Developer/pengembang};  Masuk pengaturan ke Sytem Developer: Pilih Opsi Developer Android; Pilih Animasi Layar tampilan Android, ketuk window Scale > Pilih 1x (standar), Transisi Scale> Pilih 1x (standar), Animasi Scale >> Pilih 1x (standar). Belum paham? Baca hingga selesai.

Tidak semua aplikasi yg ada pada Hp dapat dihapus sembarangan!! Terlebih ketika anda menghapus aplikasi bawaan Hp yg tentunya memiliki resiko botlop/hang. Nekat bukanlah solusi yg tepat untuk membuat kinerja hp anda menjadi lebih cepat. 

Note: Ketika Anda salah menghapus menggunakan aplikasi (Pihak ke-3) anda tetap dapat menggunakan hp dengan cara mengembalikan fungsinya melalui setting (pengaturan HP). Masuk ke pengaturan > kembalikan ke fungsi setelan pabrik. Dengan resiko nomor kontak telpon yg anda simpan di memori internal akan hilang. Kecuali jika anda menyimpannya di kartu SIM Card.

Untuk itu, Sebelum memasuki materi lebih dalam kami ingin mengajak anda untuk memperluas pengetahuan pembaca mengenai apa itu RAM, Fungsi, cara kerja dan kenapa aplikasi mempengaruhi kinerja HP menjadi lemot atau bahkan seringkali HP anda mengalami not respont / tidak merespon perintah user (pengguna).
Menurut nesabamedia.com “Random Access Memory atau RAM adalah perangkat gadget/hp yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data”.

Hal ini ada kaitannya dengan CPU atau Central processing Unit yang mana fungsi dari CPU (Central Processing Unit) adalah memproses dan mengolah semua perintah-perintah dan melakukan operasi Aritmatika dan Logika terhadap data yang diambil dari memori internal dan RAM sehingga Aplikasi pada Gadget/Hp dapat dioperasikan atau dijalankan. Kemampuan & kecepatan Gadget mengolah semua perintah-perintah tergantung pada besarnya Core pada gadget anda. Jika kami gambarkan akan terlihat seperti dibawah ini,
CPU atau prosesor gadget/HP sendiri telah mengalami perkembangan, sebagai berikut:
  • Dual CORE : 2 Core
  • Quad CORE: 4 Core
  • Octa CORE : 6 Core
  • Octo CORE : 8 Core
  • Hexa CORE: 10 core

Semakin tinggi Core pada Gadget/HP, maka Pengoperasian gadget/Hp semakin cepat. Kemampuan CPU dalam melaksanakan perintah user juga berkaitan dengan jenis Processor dari perusahaan Develop (pengembang) ponsel yang di tanam pada gadget/Hp itu sendiri. Beda merk HP, beda pula prosesor yg ditanam.

Jenis prosesor menurut blog.dimensidata.com ada 6 macam: “QUALCOM SNAPDRAGON, Prosesor Mediatek, Prosesor INTEL, Prosesor OMAP, Prosesor NVIDIA TEGRA dan Prosesor EXYNOS SAMSUNG”. Cara mengetahui prosesor atau CPU HP anda, buka Pengaturan > tentang ponsel.


Cara Atasi Kinerja Andoid/Smartphone Lambat atau lemot

Menghapus aplikasi bawaan HP umumnya harus menggunakan root. Arti root dalam Develop android dapat diartikan sebagai user pengembang yang memiliki Full akses terhadap perangkat gadget. Namun sangat riskan atau bahaya karena HP akan mudah terkena malware, virus dan lain sebagainya yg mengganggu kinerja ponsel. Biasanya pada sistem bawaan Hp, Vendor tidak memperbolehkan user / pengguna menghapus Aplikasi bawaan pembuat ponsel (MERK-red). Untuk itulah pengembang android memerlukan akses masuk kedalam sistem dengan cara di ROOT.
Namun bagaimana jika aplikasi tersebut jarang digunakan, seperti: Google play movie, music, asisten google, atau Aplikasi Games yg jarang dipakai namun tidak cara menghapusnya? Tentunya akan membuat kinerja HP semakin berat karena RAM tersisa kurang dari 500Mb.

Cara hapus Aplikasi Tersembunyi/Update otomatis playstore

1. EASY UNINSTAL



Apps uninstal mudah & cepat. Berguna untuk Gadget, menghapus aplikasi dengan beberapa ketukan. Bersihkan penyimpanan dan kosongkan lebih banyak ruang (memori internal & RAM).
Langkah pertama anda harus mengunduh atau mendownload aplikasi dengan cara,
  • Buka aplikasi Palystore (Android) atau Apple store (IOS)
  • Ketikan “EASY Uninstal” dikolom pencahrian aplikasi
  • Download aplikasi & Instal.


Cara menggunakan aplikasi EASY Uninstal sebagai berikut:
1.Buka aplikasi
2.Ceklist aplikasi yg tidak anda butuhkan (Ingin di hapus)
3.Klik uninstall (jumlah aplikasi)
4.Pilih Oke, kemudian klik oke untuk kembali.
Note: Sebelum menggunakannya, mohon matikan Data atau Wifi gadget anda, supaya proses uninstal lebih cepat selesai.


2. CHACE CLEANER

Pembersih Cache dapat membantu Anda menghapus file cache aplikasi. Aplikasi ini dapat mengosongkan lebih banyak ruang, membantu Anda yang memiliki masalah manajemen memori dan mendapatkan lebih banyak penyimpanan yang tersedia kembali.
Fitur-fitur:
- Bersihkan semua cache aplikasi
- Satu klik untuk menghapus semua widget
- Urutkan aplikasi berdasarkan ukuran atau nama cache
- Mudah digunakan
File cache adalah file sementara yang dibuat oleh aplikasi saat Anda menjelajah internet, menggunakan aplikasi dan lain-lain. Terkadang chace akan membuat ponsel Anda lambat, sehingga menghapus cache secara teratur dapat meningkatkan kinerja gadget/Smartphone.
Pada langkah kedua anda harus mengunduh atau mendownload aplikasinya,
  • Buka aplikasi Palystore (Android) atau Apple store (IOS)
  • Ketikan “Chace Cleaner” dikolom pencahrian aplikasi
  • Download aplikasi & Instal.


Cara menggunakan aplikasi Chace Cleaner sebagai berikut:
1.Buka aplikasi
2.klik Reload pada Aplikasi (1), kemudian
3.klik CLEAR ALL (2)
Note: Sebelum menggunakannya, mohon matikan Data atau Wifi gadget anda, supaya proses Clear Chace dapat lebih cepat selesai.


Cara Atasi Kinerja Android Smartphone Lambat atau lemot dengan Developer Android 2021

Jika cara diatas belum membuat Anda puas! Lanjutkan langkahnya dengan masuk ke menu sistem pengembang/Developer android. Konsentrasi ya..

A. Masuk ke system pengaturan

Pengaturan (scroll kebawah) > Ketuk About Phone > Ketuk 3x (tiga kali) > Hingga muncul Anda di izinkan menjadi Developer/pengembang


B. Masuk pengaturan ke Sytem Developer

Pilih Additional Setting / Pengaturan tambahan > ketuk pilihan pengembang / Opsi Developer Android


C. Pilih Animasi Layar tampilan Android


  • ketuk Window Scale > Pilih 1x (standar)
  • ketuk Transisi Scale> Pilih 1x (standar)
  • ketuk Animasi Scale >> Pilih 1x (standar)

JANGAN UBAH SETELAN LAINNYA PADA MENU SYSTEM DEVELOPER - JIKA ANDA TIDAK INGIN SMARTPHONE BERMASALAH / SISTEM HANG!


Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi update artikel terbaru bisa anda cek (klik Update artikel lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Artikel pilihan penulis:

  1. Cara daftar Google Adsense untuk Channel Youtube dan Website
  2. Cara Kirim Uang di Alfamart dengan True - MONEY tanpa rekening Bank
  3. Tutorial: Cara cepat Menambah Instagram Followers bisnis
  4. Cek saldo Rekening di ATM Bersama - tarif transaksinya bikin kaget!
  5. Klaim pencairan Dana BPJS Tenaga Kerja makin cepat lewat Antrian online

Related Posts

Cara Atasi Kinerja Android/Smartphone Lambat atau lemot dengan Developer Android 2021
4/ 5
Oleh

Punya pertanyaan? Tinggalkan komentar !!