AMANAH FOOD'S => menyediakan Abon Sapi Original dgn kemasan pack super (Kedap Udara) NET: 100gr, 50gr dan Menyediakan Bawang Goreng kemasan NET: 175gr >> Pemesan via Whatsapp Toko / Free ongkir hingga Rp15.000,- (Beli min.5 products) / OPEN RESELLER dan DROPSHIP [Klik Gambar diatas!]

13 Alasan Karyawan untuk tidak Masuk Kerja terbukti berhasil 99%



Lelah bekerja? Ingin libur kerja atau ingin tidak masuk kerja hari ini, namun kalender bulan ini penuh dengan warna hitam kecuali minggu. Karyawan atau pegawai adalah kumpulan dari setiap individu yang dihimpun dari proses seleksi penerimaan karyawan baru setiap divisi perusahaan oleh HRD. Karyawan mempunyai hak untuk menggerakan roda bisnis usaha suatu entitas. Dan perusahaan berkewajiban untuk membayar gaji, upah, honor atau premi lembur pada karyawan yang telah disetujui bagian personalia atau HRD. Adapun beberapa divisi dalam sebuah perusahaan dagang, yang umumnya perusahaan distributor yang bergerak dalam consumer good dan obat-obatan menurut pengalaman penulis dibagi dalam 4 divisi, seperti : Divisi gudang, divisi marketing/pemasaran, divisi keuangan; termasuk didalamnya accounting, finance, kasir operasional dan bagian penagihan/billing dan divisi personalia/HRD.
Sebuah perusahaan yang tidak memiliki karyawan, maka kegiatan operasional perusahaan bisa terhenti. Meskipun arus kas perusahaan menjadi satu-satunya penilaian bisnis suatu perusahaan dinilai sehat atau tidak berdasarkan aliran dana kas. Namun karyawan menjadi sebuah mesin perusahaan untuk menjalankan aktivitas operasional guna menghasilkan barang atau jasa. Karena sumber daya manusia dalam perusahaan sangat penting, maka perusahaan membuat kebijakan dan peraturan yang super ketat seperti: Potong Gaji, Surat Peringatan (SP), dan Sanksi-sanksi lain, dengan maksud untuk membuat para karyawan tetap bekerja. Adapun karyawan yang berniat bolos, akan berpikir 3 kali untuk tidak masuk kerja tanpa memiliki alasan yang jelas untuk atasan mereka.
Hal ini terkadang membuat karyawan tidak punya motivasi dalam bekerja. Anggapan dipaksa untuk terus bekerja dan masuk kantor disertakan karena sanksi yang telah ditetapkan pada setiap karyawan perusahaan di anggap terlalu berat. Lalu, alasan apa saja yang dapat  Anda gunakan sebagai karyawan agar tidak masuk kerja tanpa sanksi? Yuk libur kerja gaes!

1.Mengalami Sakit

Di urutan pertama, sakit merupakan alasan yang sangat sering di ajukan untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan sakit bisa sampai 99,9% berhasil. Menurut pengalaman penulis, alasan ini sangat mantap! Selain klasik dan umum, sakit adalah suatu keadaan yang tidak bisa disangka-sangka datangnya. 


Namun, perlu berhati-hati jika tempat tinggal anda dekat dengan lokasi perusahaan. Alasan sakit dengan kondisi sakit berat atau sekedar alasan sakit kepala merupakan sebuah alasan yang terbukti berhasil untuk mengusir beban kerja dengan istirahat 1 – 2 hari. Biasanya HRD akan meminta surat keterangan sakit atau resep dokter sebagai bukti lampiran bahwa anda benar-benar sakit dan berobat.

2. Keperluan Keluarga atau Berduka

Di urutan kedua, Anggota keluarga punya hajat atau berduka merupakan alasan yang juga sering digunakan karyawan atau pegawai untuk alasan libur kerja. Keinginan kuat dan beban mental membuat anda sangat jenuh menatap layar komputer atau mengerjakan hal yang itu-itu saja diperusahaan. terkadang perusahaan yg sehat akan mempromosikan karyawannya untuk jenjang karir yg lebih tinggi. Namun, tak semua perusahaan memakai cara ini, ada cara lain yg biasa digunakan untuk mengusir stress para karyawannya, salah satunya dengan libur bersama / piknik dalam 1 perusahaan. bagaimana perusahaan Anda?


Memiliki hajat atau keperluan keluarga seperti ada saudara yang menikah, adik ipar khitan/sunat, menunggu keluarga di rumah sakit, atau Anda menemui keluarga yang sedang berduka. Menggunakan alasan ini memiliki tingkat keberhasilan  sampai 96% berhasil bebas sanksi dari personalia/HRD. Pasalnya HRD tidak akan meminta bukti apa pun dari anda jika ada Keperlaun atau keluarga yang sedang berduka. Jika lokasi anda dekat dengan perusahaan, bagian personalia akan mengunjungi keluarga anda.

3. Mengurus ATM terblokir di Bank

Di urutan ketiga, Mengurus ATM terblokir di Bank merupakan alasan pertama dalam hal mengurus dokumen penting, untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan ini bisa sampai 92% berhasil. umumnya pelayanan perbankan tidak membuka layanan pada hari Sabtu, minggu atau hari besar, libur nasional.


Pengurusan ATM terblokir di Bank memang biasanya dilakukan pada hari kerja, senin s/d jumat pukul 08.00 hingga 15.00 Wib. ATM merupakan kebutuhan wajib bagi setiap karyawan, karena pada umumnya sistem penggajian karyawan sudah menggunakan Fingerprint yang terhubung langsung dengan sistem payrol bank yang di otorisasi bagian personalia atau HRD. karena kebutuhan yang mendesak, Anda bisa mengajukan izin tidak masuk kerja pada pihak perusahaan dengan alasan akan mengurus ATM terblokir di Bank saat ini.

4. Mengurus perpanjangan SIM  di SAMSAT

Di urutan ke empat, Mengurus perpanjangan SIM di SAMSAT merupakan alasan kedua selanjutnya dalam hal mengurus dokumen penting, untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan ini sampai 91% berhasil. Tidak akan ada pelayanan Pada hari sabtu setelah jam 2 siang dan Minggu atau hari libur besar nasional untuk mengurus pembuatan atau perpanjangan SIM di SAMSAT seluruh indonesia.


Karena SIM merupakan kebutuhan wajib bagi pengendara roda 2 ataupun roda 4, tidak ada lagi pilihan untuk tidak mengurus surat ijin mengemudi agar lebih tenang dalam perjalanan.

5. Mengurus KTP hilang ke Dukcapil

Di urutan ke lima, Mengurus KTP hilang ke kantor Dukcapil merupakan alasan ketiga mengurus dokumen penting, untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan ini sampai 90% berhasil. umumnya pelayanan Dukcapil tidak membuka layanan pada hari Minggu atau hari libur nasional.


Untuk mengurus KTP hilang diDukcapil, anda harus datang dan melapor ke bagian administrasi supaya dibuatkan KTP yang baru. Karena KTP merupakan kebutuhan wajib bagi Identitas setiap warga negara, tidak ada lagi pilihan untuk tidak mengurus KTP yang hilang sesegera mungkin. Hal ini sangat penting terkait dengan pengurusan dokumen penduduk lainnya harus mencantumkan KTP sebagai kartu identitas pertama.

6. Bencana Alam / Banjir

Di urutan ke enam, Bencana Alam seperti banjir merupakan alasan yang selanjutnya bisa dijadikan alasan untuk libur kerja. Tingkat keberhasilan alasan terkena bencana alam sampai 87% berhasil. Tinggal dikota besar seperti ibukota jakarta, sudah jadi hal wajar bila terkena banjir atau bencana alam lainnya. pasalnya kota ini dipenuhi pendatang yang bermukim disekitaran sungai-sungai, akibatnya aliran sungai menjadi lebih sempit, belum lagi masalah sampah yg tak kunjung selesai.


Namun anda harus berhati-hati jika menggunakan alasan ini. jangan pernah gunakan alasan ini jika musim kemarau sedang melanda kota anda. Selain itu biasanya banjir dilaporkan atau di muat pada media cetak dan elektronik saat musim penghujan.

7. Menghadiri Resepsi pernikahan teman

Di urutan ke tujuh, Menghadiri resepsi acara pernikahan teman merupakan alasan selanjutnya yang bisa jadi referensi untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan ini sampai 86,8% berhasil. Alasannya pernikahan dilangsungkan sekali seumur hidup setiap individu baik pria maupun wanita. Meskipun ada beberapa orang yang melangsungkan acara pernikahan lebih dari satu kali dalam hidupnya.


Namun untuk bisa mendapatkan izin perusahaan,  Anda harus membuktikan bahwa anda akan menghadiri resepsi pernikahan teman dengan cara mengirimkan bukti foto undangan kepada atasan anda melalui salah satu sosial media: whatsapp, telegram atau e-mail.
Cara ini sudah penulis alami sendiri dan terbukti berhasil dalam memperoleh izin tidak masuk kerja selama 1 hari. Karena pada saat itu, jarak lokasi kerja dengan gedung resepsi sangat jauh. Silahkan kembangkan alasan terbaik anda demi izin tidak masuk kerja.

8. Memenuhi panggilan Pihak Berwenang

Di urutan ke delapan, memenuhi panggilan pihak berwenang merupakan alasan selanjutnya yang bisa jadi referensi untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan ini bisa sampai 85% berhasil. Terburu-buru saat berangkat kerja terkadang membuat kita lupa akan membawa dompet, selain menjadi hal yang wajib ada pada celana saku untuk mengisi bahan bakar minyak / BBM di POM bensin pertamina, dompet juga sebagai wadah surat ijin mengemudi dan STNK yang harus dibawa oleh pengendara roda 4 atau roda 2 dalam berkendara di jalan umum.


Apes atau sial, saat terburu-buru dompet Anda tertinggal, dan saat dijalan sedang ada operasi patuh jaya atau tertib lalu lintas dalam mengemudi. Karena tidak membawa dokumen SIM dan STNK biasanya pihak berwajib akan meminta anda meninggalkan kendaraan dengan diberi surat tilang. Untuk bisa mengambil kendaraan pribadi atau inventaris kantor anda harus mengikuti sidang yang telah dijadwalkan pihak berwajib. Alasan ini bisa dijadikan untuk tidak masuk kerja karena memenuhi panggilan pihak berwenang yang tidak bisa ditawar pada hari lain.

9. Diare akut atau Parah

Ketika berada diluar tidak jarang kita kurang teliti dalam memilih tempat dan kebersihan makanan untuk dikonsumsi, karena kurang perhatian pada kebersihan makan atau memilih makanan pedas pada jam istirahat, yang tiba-tiba menyebabkan sakit perut. Diare biasa dialami oleh sebagian orang, termasuk para pekerja atau pegawai. Jika Anda benar-benar mengalami hal ini, atau hanya sebagai alasan mendadak untuk tidak masuk kerja, alasan ini bisa digunakan dengan tingkat keberhasilan alasan sampai 83% berhasil.


Umumnya orang yang mengalami diare dalam sehari bisa sampai 20 kali masuk toilet, tentu saja hal ini akan mengganggu kinerja anda diperusahaan. Untuk mengantisipasi rasa malu dan gangguan lebih baik anda berobat ke dokter terlebih dahulu dengan memberikan informasi ini terlebih dahulu pada atasan anda.

10. Medical check up / Tes kesehatan

Di urutan ke sepuluh, medical check-up atau tes kesehatan merupakan alasan yang bisa dijadikan alasan untuk libur kerja setelah diare akut. Tingkat keberhasilan alasan medical check up atau tes kesehatan bisa sampai 82% berhasil. bila Anda adalah pekerja yang memang diharuskan memeriksakan kondisi kesehatan dalam setiap waktu tertentu, maka Anda bisa menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak masuk kantor.


Namun sebelum benar-benar meminta tidak masuk kerja, Anda harus terlebih dahulu memberitahukan situasi dan kondisi Anda kepada pimpinan Anda jauh-jauh hari sebelumnya, atau 1 bulan sebelum medical check up / tes kesehatan. Jangan gunakan alasan ini jika anda pegawai atau karyawan berusia dibawah 35 tahun. Silahkan pilih opsi lainnya, sebelum sanksi menimpa anda.

11. Sedang Haid hari pertama

Di urutan ke sebelas, haid atau biasa disebut datang bulan merupakan alasan yang bisa dijadikan untuk libur kerja. Rasa nyeri pada panggul dan perut membuat konsentrasi anda menurun. Tingkat keberhasilan alasan sedang haid bisa sampai 80% berhasil.


Tapi perlu di ingat bahwa, alasan ini khusus wanita saja. Jika anda seorang pria, jangan pernah jadikan alasan datang bulan/haid sebagai alasan tidak masuk kerja. Saya yakin, Surat peringatan sudah menanti anda esok pagi. Namun khusus bagi wanita, jangan gunakan alasan ini pada setiap bulan. Gunakan alasan ini dalam 4 bulan sekali saja, jika nyeri yg anda alami benar-benar mengganggu kerja anda.

12. Menjadi panitia hajatan tetangga

Di urutan ke duabelas, Menjadi panitia hajatan tetangga merupakan alasan selanjutnya yang bisa dijadikan referensi untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan ini bisa sampai 78% berhasil. Jika Anda dimintain tolong tetangga untuk menjadi panitia hajatan jangan pernah menolak. Ketika lingkungan di sekitar Anda menginginkan anda menjadi panitia hajatan, mau atau tidak memang harus memenuhinya dengan harapan pemilik hajat mempercayai anda dapat melaksanakan kegiatan hajat berjalan baik.


Selain manusia sosial tidak mampu hidup sendiri, Menjadi panitia hajatan bisa menjadi alasan terkuat untuk mengetahui anda adalah orang yang anti sosial dan bermasyarakat di lingkungan tempat tinggal. Namun untuk bisa mendapatkan izin dari atasan perusahaan, Anda harus memberi tahu 1 minggu sebelum hari dan tanggal hajatan tetangga dilaksanakan.

13. Kendaraan rusak atau Ban bocor

Di urutan ke tigabelas, Kendaraan rusak atau alasam Ban bocor merupakan alasan yang tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak masuk kerja. Tingkat keberhasilan alasan ini cuma 32% berhasil, jika anda menggunakan alasan ban bocor dijalan untuk tidak masuk kerja.


Akan tetapi, alasan ini dapat digunakan, jika anda bangun kesiangan akibat tidur larut malam atau menonton bola jam 2 malam atau bisa jadi nongkrong bersama teman-teman di malam senin hingga tidur dipagi hari setelah pukul 03.00 Wib. Rasa malas bekerja pada hari senin sering sekali menghantui para pegawai dengan alasan ingin menikmati waktu libur lebih lama bersama teman-teman anda.


Jika anda memakai transportasi umum, dengan alasan kendaraan rusak memiliki tingkat keberhasilan sampai 25% saja = tidak berhasil. Karena transportasi umum beroperasi sesuai jadwal dan koridor yang telah ditetapkan Dinas Perhubungan jika anda menggunakan Busway atau kendaraan roda empat (Bus) maupun Kereta rel listrik (KRL). beritahu Atasan anda jika anda hari ini telat sampai dikantor karena anda benar-benar mengalami kendaraan rusak selama dalam perjalanan. Akan menjadi sebuah masalah jika atasan anda memiliki kontak transportasi umum untuk mengkonfirmasi apakah kendaraan tersebut benar-benar rusak.

Jika ada yg belum jelas, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar... :D

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi artikel terbaru bisa anda cek (klik update artikel lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Artikel pilihan Penulis:


Related Posts

13 Alasan Karyawan untuk tidak Masuk Kerja terbukti berhasil 99%
4/ 5
Oleh