13 Ikan Cupang Hias dan 8 Jenis Cupang Hasil Kawin Silang Betta.Sp [ Lengkap ]

Mengapa harga Ikan Cupang Hias di indonesia mahal? Tentunya karena banyak peminat jika dibandingkan dengan produsen ikan cupang yg ada di Indonesia. Tetapi belum semahal ikan yg dilelang seorang penjual dinegara Thailand yg terjual dengan harga 53.500 baht atau setara dengan Rp25,2 juta rupiah, waow!! Harga ikan cupang yg mahal/Ekspensive ini dilatar belakangi oleh faktor: warna, bentuk dan jenis yg langka dikomunitas penggemar ikan cupang. Dalam artikel kali ini Penulis akan membahas “13 Cupang Hias dan Jenis Ikan Cupang Hasil Kawin Silang Betta.Sp Lengkap” disertai dengan jenis, ukuran dan harga ikan cupang dipasaran bagi anda yg sedang mencari referensi ikan cupang hias untuk dipelihara dirumah / memulai bisnis cupang hias.

Sudah 9 bulan lamanya pandemi virus corona (Covid19) meng-Ekspansi hampir diseluruh wilayah asia, bahkan Dunia. Beberapa orang yg beruntung masih tetap bekerja diperusahaan sebelumnya meski dengan gaji 50% dipotong. Kondisi seperti ini banyak masyarakat di dunia yg menjadi stress karena faktor ekonomi.  Berdiam diri dirumah membuat sebagian orang merasa jenuh. Bermain game / berselancar di instagram dengan ponsel dijaringan 4G+ menjadi alternatif banyak orang menghilangkan rasa bosan. namun cara ini membuat tangan dan leher menjadi terasa nyeri bila terlalu lama. Disaat itu muncul lah trend hobby baru memelihara ikan cupang hias.



Dilansir dari Wikipedia: Ikan Cupang dengan nama latin Betta sp adalah ikan air tawar yang habitat asalnya berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti: Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Berikut ulasan 13 Cupang Hias dan 8 Jenis Ikan Cupang Hasil Kawin Silang Betta.Sp yang menarik untuk dipelihara dirumah :

1. Double tail / Ekor ganda

Cupang Double tail/Ekor ganda  ini tentu sangat cantik menghiasi ruang tamu anda, meskipun jenis jantan, jarang sekali dikalangan komunitas ikan cupang menyebutnya ikan tampan/ganteng.

Cupang Double tail/Ekor ganda termasuk kategori ikan cupang jenis sangat langka, karena sulit dikembangbiakan. Foto jenis ikan cupang ini saja sudah sangat sulit didapatkan di internet. Memiliki ukuran 2-3cm, dengan 1 warna atau combo colour. Harga dipasaran ikan ini dijual dengan harga Rp100.000 – Rp250.000 rupiah.


2. Cupang Crown Tail / Ekor mahkota/Cupang Serit

Cupang Crown Tail /Ekor mahkota /Cupang Serit memiliki sirip seperti Mahkota atau Sisir rambut saat mempertahankan wilayah jajahannya. 


Di daerah jawa cupang ini sangat digemari karena bisa memiliki 3 macam varian warna yg jarang ditemui meskipun pada jenis cupang yg sama.


Cupang Crown Tail / Ekor mahkota masuk dalam kategori ikan cupang jenis langka, karena cukup sulit dikembangbiakan. Memiliki ukuran 3-4cm, dengan variasi 3 warna. Harga dipasaran jenis cupang ini dijual dengan harga Rp100.000 – Rp350.000 rupiah


3. Cupang Halfmoon

Cupang halfmoon / Setengah bulan merupakan ikan cupang yg mahal dikomunitas penggemar ikan cupang hias. Cupang jenis ini bila semakin lama usianya semakin bagus bentuk tubuh dan siripnya. Sayangnya perawatan yg tidak sesuai membuat ikan ini dapat rusak siripnya, selain warna yg memudar, sirip cupang halfmoon bisa patah. Faktor kebersihan dan kondisi ikan yg stress membuat ikan ini gampang mati.

Cupang halfmoon / Setengah bulan  dapat dikategori ikan cupang yg mudah dikembangbiakan. Memiliki ukuran 3 - 5cm, dengan variasi 6 warna. Harga dipasaran cupang ini dijual dengan harga Rp150.000 – Rp2.750.000 rupiah; dan bisa lebih tinggi lagi, tergantung calon pembeli guys!


4. Cupang Plakat

Cupang Plakat masih 1 keluarga dengan Cupang halfmoon / Setengah bulan. Yg membedakan adalah bentuk sirip ekornya tak seindah Original cupang halfmoon yg dapat membentuk menyerupai setengah lingkaran bulan. Perkembangan Cupang Plakat sudah banyak dikawin silangkan sehingga menghasilkan warna-warna cantik yg tak kalah dengan ikan hias koi.

Cupang Plakat Halfmoon kawin silang bisa memiliki variasi warna 8 macam yg sangat memukau mata anda. Berikut ini 8 jenis Plakat hasil Perkembangbiakan / hasil kawin silang cupang plakat di Indonesia:

4.1 Cupang Plakat Fancy

Memiliki warna yg polos seperti ikan albino, justru hal ini yg membuat cupang plakat fancy menjadi unik bagi pemiliknya.


4.2 Cupang plakat Nemo

Memiliki warna yg bermacam, cupang ini dikaitkan dengan ikan hias koi. yg memiliki harga puluhan juta rupiah, meski ukuran fisiknya lebih mungil / imut.


4.3 Cupang plakat Avatar

Memiliki warna dengan banyak Dot/titik seperti pemain bintang Film AVATAR 2019 cupang ini yg satu ini diberi nama oleh pengembang Cupang plakat Avatar


4.4 Cupang plakat Dragon

Memiliki bentuk fisik yg besar, jenis Cupang plakat Dragon bisa tumbuh besar menjadi giant plakat dragon. bila benar merawatnya, ikan cupang dragon bisa memiliki panjang hingga 7cm dengan sisik yg lebih tebal


4.5 Cupang plakat Galaxy

Memiliki warna kontras dengan variasi 5 warna, ikan ini dijuluki pengembang dengan nama cupang plakat galaxy yg penuh titik/dot seperti bintang di angkasa


4.6 Cupang plakat Blue solid / blue Rim dot

Memiliki warna tubuh Full biru dengan titik/dot kecil diekornya, ikan cupang ini diberi nama Cupang plakat Blue solid/blue Rim dot.


4.7 Cupang plakat Mustard Gas

Memiliki ciri fisik tubuh yg besar dan warna mayoritas biru, kemungkinan ikan cupang yg satu ini hasil kawin silang plakat blue rim dot vs Plakat dragon


4.8 Cupang plakat Multicolour

Memiliki ciri fisik dengan variasi 12 warna, kemungkinan ikan cupang yg satu ini hasil kawin silang cupang plakat nemo dot vs Plakat fancy. Keunikan warna fisik yg transparan, dipadu dengan warna-warna indah cupang plakat nemo.


Cupang Plakat masuk dalam jenis halfmoon yg dapat dikategori ikan cupang yang mudah dikembangbiakan. Memiliki ukuran 2 – 4 cm, dengan variasi hingga 12 macam warna. Harga dipasaran cupang hias plakat halfmoon (super) dijual dengan harga Rp120.000 – Rp230.000 rupiah.

Namun jika anda mengunjungi penjual ikan hias dikota, plakat halfmon (biasa), Memiliki ukuran kecil (1,5 – 2,5 cm), dengan variasi 1-2 macam warna. Harga dipasaran cupang hias plakat halfmoon (biasa) dijual dengan harga Rp15.000 – Rp50.000 rupiah saja.


5. Giant Dumbo Ear / Cupang raksasa

Cupang Giant Dumbo Ear juga masih 1 keluarga dengan Cupang halfmoon. ciri fisik ikan yg membedakan adalah bentuk sirip telinga/Ear lebih besar dan lebar dari cupang Original halfmoon; sehingga cupang ini menjadi pilihan favorit di komunitas cupang. Perkembangan Cupang Giant Dumbo Ear berasal dari kawin silang “Cupang Plakat Giant Dragon” vs “Cupang Halfmoon Original” sehingga menghasilkan Cupang Giant Dumbo Ear yang paling manis dengan sirip-sirip menawannya.

Jika diperhatikan lebih detail, cupang ini mirip dengan pakaian KIMONO wanita jepang.Kolaborasi kawin silang yg sangat epic dengan kombinasi warna rupawan atau 1 warna polos yg tetap indah dipandang mata.


Dapat dikategori ikan cupang yg sangat sulit didapatkan, termasuk kategori cupang sangat langka. Memiliki ukuran  7 – 9 cm, dengan variasi warna cerah menawan.

Harga dipasaran cupang hias Cupang Giant Dumbo Ear dijual dengan harga Rp1.000.000 - Rp4.500.000 rupiah dikalangan kolektor cupang hias.


Ikan Cupang termahal seharga 25 juta rupiah

Ikan cupang yg pernah laku terjual sangat mahal seperti yg sudah dibahas diawal artikel ini.  berjenis halfmoon, (dengan warna menyerupai bendera Thailand). diambil dari nama pemiliknya “Kachen Worachai” yg berasal dari Thailand.

Ikan cupang milik Kachen terjual di pelelangan negeri Gajah putih seharga 53.500 baht atau setara dengan Rp25,2 juta / Kurs rupiah.

Dilansir dari bandung.Kompas.com Cupang itu menjadi perbincangan heboh di dunia maya, setelah pemiliknya “Kachen Worachai” mengunggah foto di Facebook pada grup lelang.  

Lelaki berumur 40 tahun pemilik Toserba (toko serba ada) itu menangkarkan ikan cupang sebagai hobi.

Kachen Worachai, Kamis (17/11/2016), mengatakan, “dia mengharapkan ada orang yang mau membeli ikan tersebut.  Saya tak pernah menyangka ikan saya akan laku semahal itu" ungkap dia. 

Nah.. Anda sudah mengetahui 13 Macam Cupang Hias dan 8 Jenis Ikan Cupang Hasil Kawin Silang Betta.Sp yang menarik untuk dipelihara dirumah. Pilihan cupang jenis apa yg sekiranya anda sukai untuk menambah semangat kerja dirumah?


Artikel pilihan penulis:

  1. Temukan 21 Ide Bisnis Online tanpa Modal di tahun 2020
  2. Share Cerita Magang: Pengalaman 3 bulan Magang di Kantor Akuntan Publik
  3. Cara Kirim Uang di Alfamart dengan True - MONEY tanpa rekening Bank
  4. Cek saldo Rekening di ATM Bersama - tarif transaksinya bikin kaget!
  5. tahun 2020 : ini 8 Cara mudah Topup saldo Gopay dan Keuntungannya
  6. Aktivasi mobile banking BCA tanpa ke ATM - Nikmati 7 Fitur dalam Bertransaksi
  7. Bagaimana Google adsense bayar $100 penulis website dan Publisher youtube?

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi update artikel lainnya dapat anda cek  dengan klik (Artikel terbaru lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Related Posts

13 Ikan Cupang Hias dan 8 Jenis Cupang Hasil Kawin Silang Betta.Sp [ Lengkap ]
4/ 5
Oleh

Punya pertanyaan? Tinggalkan komentar !!