Monumen nasional jakarta rute busway tercepat dari bekasi



Mencari rute busway ke monas dari pinang ranti, atau atau rute busway ke monas via semanggi? Mencari tempat wisata yang paling populer dan terkenal di ibu kota jakarta adalah alternatif mengisi waktu luang di hari libur bersama keluarga, saudara, pacar atau teman-teman dekat Anda. rute busway tercepat dari bekasi atau rute tercepat untuk sampai ke Tugu Monas menggunakan angkutan umum kota jakarta atau populer disebut masyarakat luas dengan sebutan busway dari kota bekasi. Dari pengalaman saya pribadi, untuk sampai ke monumen nasional menggunakan jalur trans jakarta, kita harus berjalan menuju Halte Busway yang paling dekat dari tempat tinggal. Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 Meter yang didirikan untuk mengenang Perlawanan dan Perjuangan Rakyat Indonesia dalam merebut Kemerdekaan dari Pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Ir.Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu Monumen Nasional ini diMahkotai Lidah Api berlapis lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum // Sumber:Wikipedia
Dalam 3 bulan kedepan saya tinggal di kota Bekasi untuk melaksanakan praktik magang atau kerja praktik di salah satu instansi yang ada dikota Bekasi-Jakarta Timur. Saya tinggal di dekat perumahan Puri Gading, Bekasi-Jakarta timur. Kebetulan hari sabtu dan minggu adalah hari libur kerja. Saya berniat untuk melakukan perjalanan ke Monumen nasional yang berjarak kurang lebih 33 Killo Meters dari tempat saya tinggal. Menurut teman-teman saya, jika ingin pergi ke monas menggunakan busway, maka halte yang paling dekat adalah Halte Pinang Ranti.
Saya cek di apps google maps, jarak lokasi saya ke halte busway pinang ranti adalah 9 killo meters. Saya berangkat dari kontrakan pukul 10.15 WIB. Untuk lebih menghemat waktu, saya memutuskan naik Gojek. Selain cepat, tarif atau ongkos lebih murah. tinggal order sesuai tujuan, 2 menit kemudian driver ojek akan menjemput.

Dari rumah ke halte busway - Pinang ranti

Dengan menggunakan Gojek kurang lebih 15 menit anda sudah sampai di Halte Pinang Ranti. Untuk dapat menikmati transportasi umum busway, setiap penumpang harus membayar dengan kartu kredit atau kartu flazz dari Bank BCA. Jika belum punya, silahkan beli di outlet busway. Mereka menyediakan kartu Flazz dari Bank BCA seharga Rp.50.000,- rupiah dengan saldo sebesar Rp.25.000,- rupiah.
Biaya untuk naik busway per tahun 2016 sebesar Rp.3.500,- untuk semua rute di jakarta. Mengapa harus ke halte untuk naik busway? Karena bila dibandingkankan dengan bus pada umumnya pintu busway lebih tinggi. Hal ini karena Busway di lengkapi dengan teknologi suspensi yang memungkinkan tinggi bus dapat di atur sesuai ketinggian Halte. jadi hanya calon penumpang yang naik dari halte busway saja yang dapat menikmati fasilitas/layanan ini. Di dalam bus trans jakarta Anda dapat duduk santai yang dilengkapi AC dan pintu yang secara otomatis menutup/membuka sendiri. Di awasi dengan 4 camera CCTV yang berada diluar dan dalam bus angkutan umum jakarta. Jadi lebih aman ya!

Dari halte busway Pinang ranti - ke Monumen Nasional

Untuk sampai di tugu monas – jakarta pusat, Anda tidak bisa menggunakan 1 jalur. Karna busway beroperasi sesuai koridor bus yang telah di atur, sesuai ketentuan Dishub Jakarta Pusat. dari Halte Pinang Ranti anda harus turun di Halte Semanggi (kurang lebih perjalanan 1 jam). Selama dalam perjalanan biasanya penumpang akan makan minum didalam busway atau mendengarkan musik menggunakan earphone/handset supaya tidak bosan.

Dari Halte busway Semanggi - ke Monas

Ketika transit di Halte Semanggi, anda tidak boleh keluar halte. Jika anda keluar? maka anda harus membayar kembali tiket busway sebesar Rp.3.500,- seperti awal anda naik dari halte busway pinang ranti. mohon tunggu sebentar, maka busway jurusan monas akan segera datang. Perjalanan dari Halte semanggi ke Halte Monas (kurang lebih perjalanan membutuhkan waktu 20 menit). Perjalanan dari Halte Semanggi ke monumen nasional, anda bisa lihat-lihat suasana kota yang ramai, macet, padat, namun tetap bersih dan rapi, karena Anda sudah berada dalam kawasan Jakarta Pusat.


Ketika Anda turun di Halte busway Monas (Monumen Nasional), berjalanlah ke arah pintu keluar Halte. Kemudian anda berjalan ke arah selatan penyebrangan jalan. Dan anda sudah sampai di Monas. Enjoy your trip!!

NOTE: Sebelum Anda masuk ke kawasan Monumen Nasional, jangan lupa beli air mineral terlebih dahulu, karena didalam monumen nasional tidak ada Pedagang. Akan ada polisi yang berpatroli untuk berjaga-jaga agar lingkungan monumen tetap bersih dari sampah. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan.

Mengunjungi Masjid Istiqlal

Setelah puas berjalan-jalan dan berfoto-foto diMonumen Nasional, saya dan teman-teman saya beranjak jalan-jalan ke ITC mall yang berada di senayan. sebelum itu kami coba mampir ke masjid istiqlal yang berada kurang lebih 15 menit dengan berjalan kaki, kita sudah sampai masjid istiqlal. Karna sudah adzan , saya dan teman-teman sekalian menjalankan ibadah shalat Ashar berjama’ah di masjid.

Sejarah Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal (arti harfiah:Masjid Merdeka) adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas), di pusat ibukota Jakarta. Di seberang Timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Imam besarnya adalah Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A. dan Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal sekarang adalah Laksma (Purn) H. Asep Saefuddin.

Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno yang ditandai dengan Peletakan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat.
Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama itu dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi 96,66 meter menjulang di sudut Selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah muslim. Sumber http://id.wikipedia.org

Oke.. Setelah shalat kita lanjut naik busway ke ITC ya gaes,,
Mencari halte busway terdekat dari masjid istiqlal. Berjalan kearah pintu keluar masjid. Anda akan melihat jembatan penyebrangan (fly over) khusus masyarakat. Naik ke jembatan penyebrangan untuk sampai di sebrang jalan. Karna di sebrang jalan Masjid istiqlal terdapat halte busway.

Dari Masjid istiqlal - meluncur ke ITC Cempaka Mas/Senayan

Untuk sampai di ITC senayan dengan jalur busway, seperti biasa. masuk ke halte busway menggunakan kartu Flazz dari Bank BCA. tempelkan kartu dipintu masuk, secara otomatis akan memotong saldo kartu Flazz  sebesar Rp.3.500 rupiah. sembari ngobrol-ngobrol dengan teman-teman untuk menunggu bis yang menuju ITC senayan. Untuk sampai ke ITC kita harus transit terlebih dahulu di Halte Harmoni (perjalanan kurang lebih 10 menit).


Dari halte Harmoni – ke ITC Cempaka Mas/Senayan

Setelah turun dari busway, transit di Halte Harmoni menunggu busway jurusan ITC cempaka mas/senayan. Untuk sampai di ITC senayan Anda harus turun di Halte cempaka timur. jangan samapai terlewat haltenya, perhatikan arahan dari pemandu busway. (perjalanan kurang lebih 15 menit) dari halte Harmoni.
Selamat Berbelanja, barang-barang atau produk yang di jual di sana sesuai dompet anda kok. Tempat ini sangat ramai jika hari libur atau akhir pekan.
ITC Cempaka mas terdiri dari 6 lantai, yang terdiri dari:
Lantai bawah: Carrefour, multiproduk, pusat emas, toko mainan
Mezzanine dan lantai dasar: multiproduk
Lantai 1: Pusat pakaian
Lantai 2: Pusat pakaian dan pakaian muslim
Lantai 3: Pusat batik, butik, pakaian, dan pakaian muslim
Lantai 4: Pusat telepon genggam, aksesoris telepon genggam, komputer, dan permainan video
Lantai 5: Pusat tekstil dan makanan (food court)
Lantai 6: Pusat komputer, notebook, dan aksesoris komputer
Nah.. bila Anda mau mampir kemari, lihat saja lantai berapa yang ingin Anda kunjugi, supaya anda tidak terlalu lama berada didalamnya. Namun bila anda belum cukup puas! Anda bisa mengelilingi isi semua lantai di ITC cempaka mas

Perjalanan Pulang dari ITC senayan - ke Bekasi

Setelah 1 hari penuh berjalan-jalan. Rasanya tubuh ini lelah dan butuh istirahat. Untuk perjalan pulang ke bekasi dari halte cempaka timur. Anda harus masuk halte cempaka timur, tempat anda turun tadi. kemudian menuju halte cempaka mas dengan berjalan melewati jembatan penyebrangan. karna Sebenarnya, Halte Cempaka Mas berada diseberang jalan Halte Cempaka Timur. Setelah sampai halte cempaka mas tunggulah hingga busway datang. Setelah anda naik busway anda harus transit di Halte Cawang uki. Dikarenakan koridor memang seperti itu, kalau dari senayan mau ke pinang ranti, harus transit terlebih dahulu di halte cawang uki (perjalanan kurang lebih 45 menit)


Dari halte Cawang Uki - ke Pinang ranti

Transit di Halte Cawang Uki, tunggu busway jurusan pinang ranti. Tanya terlebih dahulu jurusan ke halte pinang ranti pada petugas. Karna halte di cawang uki ada 3 jurusan. Jangan sampai anda salah jurusan. Karna akan membuat lama dan pastinya lelah di perjalanan. Setelah busway jurusan pinang ranti datang. Segera naik dan cari tempat duduk. Karna busway hanya di lengkapi tempat duduk berjumlah 39 (perjalan kuarang lebih 25 menit)


Dari halte Pinang ranti – ke Bekasi

Kira-kira saya sampai di Halte Pinang Ranti pukul 20.37 WIB. Karna sudah malam, terlau beresiko bila naik angkutan umum. Saya kembali order gojek, 2 menit kemudian driver datang menjemput. Segera Pake helm dan GO.....!! perjalan dari halte pinang ranti ke Bekasi rumah saya membutuhkan waktu 20 menit. Selesai sudah perjalanan saya hari ini. 
Alhamdulillah sampai kontrakan dengan selamat :)


Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi wisata lain bisa anda cek (klik wisata lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Related Posts

Monumen nasional jakarta rute busway tercepat dari bekasi
4/ 5
Oleh