Go jek Indonesia



Aplikasi yang banyak memberikan perubahan dalam jasa transportasi online sejak tahun 2011 lalu. Perkembangan aplikasi ini pun terus di update oleh  PT.Gojek Indonesia. Mulai dari pelayanan, tarif dan jasa lainnya. Perubahan-perubahan yang dilakukan perusahaan dengan tujuan untuk mendapakan kepercayaan dan efek sosial dari masyarakat.


Ketika awal peluncuran aplikasi ini, Bid atau pengambilan order Gojek dari pelanggan hanya bisa dilakukan secara Bid manual. Bagi para driver gojek yang menggunakan autobid di anggap pelanggaran oleh manajemen Gojek. hal ini akan memberikan dampak buruk bagi rekan driver lainnya. Hal ini disebabkan karna pada awal peluncuran aplikasi gojek, 1 order dari pelanggan akan menyebar ke semua driver gojek yang berada dekat dari titik lokasi pelanggan order.
Autobid secara sederhana dapat dijelaskan lebih mudah dengan melihat gambar sample order dibawah ini


Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa =
1.       Lokasi penjemputan pelanggan
2.       Jumlah yang harus dibayar pelanggan
3.       Jauhnya jarak titik penjemputan ke lokasi tujuan pelanggan
4.       Jenis order (dalam bentuk gambar) pada aplikasi Gojek
5.       Lokasi Tujuan pelanggan
6.       BID (Penawaran) pada aplikasi driver gojek.
Pada gambar diatas driver dapat mengambil atau menolak order dari pelanggan.
Autobid sendiri dapat dijelaskan bahwa pengambilan order secara otomatis dengan sistem yang sudah disinkronkan dalam aplikasi driver gojek. Pengambilan order pada awal aplikasi gojek diluncurkan harus menggunakan bid manual, driver secara cepat harus mengambil order sebelum driver lain yang mendapatkan order dari pelanggan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan driver gojek kehilangan order pada umumnya.

Cara mendapat banyak order Gojek

Siapa yang tidak kenal dengan uang? Semenjak kecil kita semua telah mengenal uang dalam transaksi jual-beli. Tidak beda jauh dengan yang kita bahas sekarang, dengan menggunakan aplikasi gojek dan order, itu artinya anda membeli. Tentunya bukan barang. Karna produk dalam aplikasi gojek adalah produk jasa. Para driver Gojek terkadang bingung, bagaimana cara memperbanyak order agar lebih banyak menghasilkan uang untuk kebutuhan keluarga atau kebutuhan lainnya. Sebelum pertanyaan itu terjawab, 5 hal ini dapat mempengaruhi pendapatn perhari driver Gojek.
Hal-hal yang mempengaruhi pendapatan Driver Gojek

1.Kualitas Smartphone (Handphone)

Driver gojek umumnya telah menggunakan smartphone. Karena aplikasi gojek hanya bisa di install atau dipasang pada smartphone yang telah menggunakan sistem operasi android 4.4.2 (Jelly bean) dan mempunyai minimal kapasitas RAM 512MB(Mega byte). Namun ada pula driver gojek yang telah menggunakan smartphone dengan system operasi android 5.1 (lollipop) dengan kapasitas RAM 1GB(Giga byte). Kinerja RAM yang lebih besar membuat Smartphone lebih leluasa dalam menjalankan aplikasi-aplikasi sistem operasi yang ada di dalam smartphone driver.

2.Kualitas Jaringan

Sudah diketahui publik bahwa ada beberapa tipe jaringan yang membuat smartphone di android kita dapat membuka page/halaman perhalaman di internet saat browsing, mengerjakan tugas kampus, mencari referensi atau saat kita upload foto ke facebook, download film, file dan lain sebagainya yang menggunakan format digital. Jenis jaringan dari yang paling terendah yaitu : jenis jaringan GPRS, EDGE, 3G,HSDPA/HSUPA,HSPA dan di tahun 2015 ada mode jaringan baru yang mempercepat koneksi internet untuk berselancar dengan menggunakan jaringan 4G.
Kualitas smartphone driver gojek yang sudah menggunakn jaringan 4G tentu mempercepat driver dalam pengambilan order dari pelanggan. Namun kendala untuk mendapatkan kualitas jaringan 4G ini biasanya dikarenakan harga smartphone yang terbilang tinggi.

3. Lokasi driver (domisili)

Lokasi atau tempat tinggal driver gojek yang berada di tengah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, Semarang dan Bali akan lebih banyak mendapatkan order dari pada driver yang berada dipingiran kota. Bahkan pihak manajemen gojek memperbolehkan para drivernya untuk berpindah domisili. Semisal dari semarang akan pindah ke bali. Karna di bali banyak parawisatawan yang membutuhkan jasa transportasi. Tentunya dengan syarat kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan kantor perwakilan Ops-Gojek di lokasi driver berada.

4. Pengetahuan Jalan

Ini adalah pengetahuan dasar dan paling utama dalam menjalani profesi sebagai Driver ojek online, karena pengetahuan jalan atau akses jalan yang lebih cepat, membuat driver membutuhkan waktu dibawah 5 menit untuk mencapai lokasi penjemputan pelanggan yang memesan jasa transportasi online dengan aplikasi gojek.
Sistem ojek online PT.Gojek Indonesia dibuat dengan cara driver akan mendapat order kembali, bila order yang diterimanya melalui Bid manual atau autobid sudah diselesaikan (pick up). Pick up akan memberikan printah ke server Gojek pusat bahwa driver siap kembali untuk menerima order baru.
Jika order dapat diselesaikan dengan cepat tentulah pelanggan akan senang. Umumnya pelanggan yang menggunakan ojek online bersifat terburu-buru. Bila driver tidak memiliki pengetahuan jalan yang cukup untuk menjemput pelanggan pada titik lokasi penjemputan dan titik lokasi tujuan tentu akan menghambat driver untuk menerima order kembali.

5. Musim(waktu) Liburan

Musim liburan pada umumnya dalam satu tahun terjadi dalam 3 kali, yaitu pada tahun baru, hari raya idul fitri dan menjelang idul adha. Banyak orang yang ingin memanfaatkan waktu liburan ini untuk berwisata ke daerah kota atau menemui teman lama/kerabat/keluarga didaerah tertentu. Tentunya ada banyak peluang untuk mendapatkan order lebih banyak di bandingkan dengan hari-hari biasa.

GOJEK AUTOBID dan APLIKASI TERLARANG

Seperti yang sudah saya jelaskan diata,  Autobid dapat artikan bahwa pengambilan order dari pelanggan secara otomatis dengan sistem yang sudah disinkronkan dalam aplikasi driver gojek. Pengambilan order pada awal aplikasi gojek diluncurkan harus menggunakan bid manual, driver secara cepat harus mengambil order sebelum driver lain yang mendapatkan order dari pelanggan.
Namun sekarang, pada aplikasi gojek versi 1.0.98 sudah di lengkapi dengan sistem auto bid  bila dibandingkan dengan aplikasi gojek sebelumnya atau pada aplikasi gojek versi 1.0.72 yang belum menggunakn sistem autobid.
PT.Gojek Indonesia sendiri memberikan support aplikasi gojek versi 1.0.98 dengan sitem autobid. Perubahan ini dilakukan perusahaan untuk memberikan dorongan motivasi kepada mitra gojek (Driver) karna adanya keluhan dari para driver dalam hal sulitnya mendapatkan order dari pelanggan.penyebabnya sendiri berasal atau bersumber dari rekan driver yang melakukan pelanggaran atau illegal yang bisa mengakibatkan suspend akun driver atau kemitraannya dicabut oleh PT.Gojek Indonesia.
Pelanggaran-pelanggan yang dilakukan para rekan sesama driver di sebabkan karna ingin mendapat banyak order dari pelanggan. Dalam bermitra dengan PT.Gojek Indonesia ada perhitungan poin-poin tertentu pada setiap penyelesaian produk gojek yang di order oleh pelanggan. Pada awal peluncuran aplikasi gojek, para driver akan mendapatkan bonus dari perusahaan sebesar Rp.50.000 rupiah pada setiap 5 poin.
Hal inilah yang menyebabkan rekan sesama driver ojek melakukan pelanggaran, agar dapat memenangkan bid untuk mengambil order pelanggan sebanyak-banyaknya. mulai dari mengoprek smartphone dengan memasang root apk yang memungkinkan pengguna Android dapat melakukan perubahan dalam system performa mesin agar lebih cepat atau hanya mengubah tampilan pada smartphone.  Aplikasi terlarang dalam perusahaan Gojek :

Menggunakan aplikasi fake GPS

Aplikasi Fake GPS memungkinkan seorang driver meletakan koordinat GPSnya  dapat di ubah-ubah atau di pindah-pindah sesuka keinginan pengguna. Selain aplikasi Fake GPS ada juga aplikasi sesamanya yang juga hampir serupa (Tuyul apk, setan apk, pocong apk) dan apk terlarang lainnya yang melanggar SOP(Standart Operasional Pekerjaan) Driver Gojek.

Perkembangan Aplikasi Driver Gojek
Aplikasi gojek pada versi 1.0.98 sangat memberi motivasi bagi para driver. Karna selain di lengkapi dengan sistem autobid, aplikasi ini juga menggunakan sistem autobid yang sudah dilengkapi dengan rentan harga  dan rentan jarak dalam aplikasi Gojek, sehingga para driver dapat menyesuaikan secara pribadi, antara rentan jarak dan rentan harga yang akan di autobid di aplikasi gojek driver.
Untuk mempermudah pemahaman anda, bisa melihat tampilan gambar dibawah ini




Dengan adanya sistem autobid seperti ini, maka para driver gojek dengan mudah mengatur dalam aplikasi masing-masing sesuai keinginan. Berbeda dengan aplikasi setelahnya, PT.Gojek Indonesia memperbarui aplikasi mitra driver dengan  update Aplikasi Gojek ke versi 1.0.101 yang sebelumnya Update aplikasi Gojek versi 1.0.100.

Pada update aplikasi gojek versi 1.0.101 ditambahkan tombol/button driver ON/OFF tanpa harus logout aplikasinya. Tampilannya bisa di lihat dibawah ini


Pada update aplikasi ini di bulan Agustus 2016, banyak menuai kontroversi dari para driver gojek ada yang pro dan kontra pada update aplikasi ini. Berbeda dengan Aplikasi gojek versi 1.0.98 yang di lengkapi dengan autobid sistem jarak dan rentan harga. Pada update terbarunya aplikasi gojek versi 1.0.101 hanya menggunakan system autobid saja. Pasti ada alasan tertentu yang membuat PT.Gojek Indonesia mengupdate aplikasi drivernya.
Selain dari system autobid yang di ubah dari versi sebelumnya, PT.Gojek Indonesia juga menerapkan tarif yang berbeda dengan versi sebelumnya. Dari aplikasi dan tarif sebelumnya, gojek menerapkan harga/tarif  Rp.15.000 untuk jarak dibawah 4 kilometer. Setelah update aplikasi ke versi terbaru, PT.Gojek Indonesia menerapkan harga/tarif RP.8.000 untuk jarak dibawah 4 Kilometer.
Pada tanggal 15 agustus 2016 di jogjakarta terjadi penolakan dengan sistem aplikasi yang baru.“Ribuan driver Gojek pada senin siang, 15 agustus 2016 mendatangi kantor perwakilannya di Jalan Tentara Zeni Pelajar Kota Yogyakarta. Mereka menyampaikan penolakan terhadap sistem baru yang dianggap merugikan para pengemudi. Sistem baru yang ditetapkan mulai Sabtu (13/8/2016) tersebut menurut para driver terlalu membebankan semua biaya pada mereka.  Sejak Sabtu pun para driver tidak lagi menerima order sebagai bentuk protes terhadap pemberlakuan system yang baru”
Sumber: http://www.krjogja.com/web/news/read/6001/Ribuan_Pengemudi_Gojek_Mogok_Tolak_Sistem_Baru
Hal ini dilakukan karna alasan tertentu oleh PT,Gojek. Dari kabar yang saya dengar, penurunan tarif ini disebabkan untuk menyaingi transportasi online pesaingannya seperti, Grabike, Transjek, Blue jek, Ojack Online dan Ojek Syar’i yang drivernya harus sesame jenis. Menarik ya ? ada-ada saja ide kreatif orang-orang hebat.

Baca juga: Apa saja produk jasa Aplikasi Go-jek versi 1.0.98 tahun 2017 lalu?

Transportasi online memang sangat memanjakan masyarakat. Semakin hari kian berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Bila ojek hanya menggunakan Sepeda motor. Kini telah hadir transportasi online menggunakan mobil atau taxi online. Sistemnya hampir sama, tapi menggunakan kendaraan pribadi dengan menggunakan aplikasi Uber Taxi. Menarik bukan? Artikel Uber Taxi akan di posting dikemudian hari..



Artikel pilihan penulis:
  1. Cepat menghasilkan uang di Internet 20+ ide - tanpa Modal
  2. Cara beli Pulsa online di Tokopedia Mudah!
  3. Rute paling Cepat ke Monas naik Busway dari Bekasi
  4. Cara Kirim Uang di Alfamart dengan True - MONEY tanpa rekening Bank

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi Artikel lainnya bisa anda cek (klik Update artikel lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Related Posts

Go jek Indonesia
4/ 5
Oleh