AMANAH FOOD'S => menyediakan Abon Sapi Original dgn kemasan pack super (Kedap Udara) NET: 100gr, 50gr dan Menyediakan Bawang Goreng kemasan NET: 175gr >> Pemesan via Whatsapp Toko / Free ongkir hingga Rp15.000,- (Beli min.5 products) / OPEN RESELLER dan DROPSHIP [Klik Gambar diatas!]

4 Tips menghemat pengeluaran belanja bulanan



Ketika kami mulai berdiskusi mengenai bagaimana cara mudah menghemat pengeluaran, maka seringkali hal tersebut telah menjadi sebuah kebiasaan yang terjadi dalam kurun waktu yang sangat panjang dan berulang-ulang. Hal ini tentu dipengaruhi oleh cara kita dalam menyusun anggaran keuangan dan juga menerapkannya. Ketika kita mulai menyadari bila dunia ini hanya bisa di beli dengan uang, dan hanya segelintir orang yang dapat menikmatinya. Apa yang anda fikirkan?
Lihatlah kembali kalender anda, di tanggal 15-22 pada akhir bulan biasanya kita mulai kesulitan dengan sisa saldo dalam rekening Bank. Mungkin anda sedang berandai-andai jika waktu cepat berlalu dan segera Gajian ("bagaikan tanah tandus yang merindukan air hujan”) Haha..

Ketika kita mulai boros dalam keuangan, sebenarnya kebiasaan ini telah terjadi berulang-ulang dalam waktu yang panjang. anda sadar jika ini sulit, tapi kenapa bisa terjadi disetiap akhir bulan? Berbagai cara telah disiapkan dan dijalankan namun tetap saja gagal. Browsing di media internet melalui mesin pencari google.id, hanya teori-teori bodoh yang di kopi-paste, ups...!
Tapi tenangkan pikiran anda sejenak, cara menghemat pengeluaran tidaklah mudah, sedangkan hidup tetap membutuhkan uang. Berikut 4 tips menghemat uang belanja agar bisa menabung yang dapat membantu anda, dimulai dengan:
1. Catat Setiap Transaksi
Pencatatan dilakukan untuk mengetahui setiap transaksi berdasarkan tanggal terjadinya transaksi atau menjurnal untuk menggambarkan transaksi debit atau kredit dari arus kas (uang) secara berurutan dan terus menerus. Pencatatan ini dilakukan agar memiliki fungsi historis karena dilakukan secara sistematis dan kronologis. 
Catatlah semua pengeluaran harian anda, mulai dari tanggal terjadi dan penggunaan uang. Buatlah format laporan dalam note di smarthphone atau di laporan excel seperti contoh gambar dibawah ini:

2. Kemampuan Analisa
Fungsi analisis: Pencatatan dalam setiap transaksi (point 1) berdasarkan arus kas untuk mempermudah anda mengidentifikasi hasil analisis setiap transaksi dari pendebitan dan pengkreditan yang mempengaruhi arus kas (keuangan anda). Analisis ini sangat mudah di identifikasi atau di analisis berdasarkan penggolongan nama akun, pencatatan dalam pendebitan ataupun pengkreditan beserta jumlahnya.
Dari gambar poin 1 anda dapat membuat analisa, bagian transaksi mana yang paling banyak pengeluarannya. Sejatinya kebutuhan ekonomi manusia secara ekonomi dibagi menjadi 3, yaitu kebutuhan Primer, Sekunder dan tersier.

3. Tindak Lanjuti
Catatan dalam Note atau format excel mengandung sebuah perintah untuk mendebit atau mengkredit transaksi sesuai dengan tanggal transaksi berdasarkan fungsi historis akuntansi. Pencatatan dalam jurnal bukan hanya sebatas dokumen transaksi yang tidak harus ditindak lanjuti, tetapi bersifat instruksi untuk mengatur keuangan anda. Hal ini memiliki tujuan bahwa jurnal atau pencatatan (point 1) berfungsi sebagai sarana untuk memberikan perintah atau petunjuk dalam proses menghemat pengeluaran.

4. Konsisten
Daram kamus besar bahasa indonesia bisa diartikan: Kata makna yg bersifat tetap (tidak berubah-ubah), ta’at asas, ajek(dalam bahasa jawa), teguh pendirian dan tidak plintat-plintut (gampang terpengaruh atau tergoda sesuatu).

Kesimpulan
Jadi intinya adalah, Catat semua pengeluaran anda, kemudian analisis & tindak lanjuti. Yang terakhir anda harus konsisten untuk tidak mudah tergoda dengan barang-barang mewah atau diskon 75% dipusat perbelanjaan atau bisa juga promo beli 2 gratis 1. Biasanya promo-promo belanja murah diadakan untuk meningkatkan penjualan produk yang sedang lesu, lemah atau lunglai.. hhe
Mulai dari sekarang ubah kebiasaan anda, termasuk kami. Belum terlambat untuk menata kembali ekonomi anda yang masih berusia muda atau yang sudah berkeluarga. Karena kebutuhan manusia sejatinya tidak untuk hari ini saja, melainkan masih ada hari esok.

Baca juga: Sulitnya mencari kerja untuk lulusan fresh graduate/sarjana!

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. nantikan ulasan materi artikel lainnya dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Related Posts

4 Tips menghemat pengeluaran belanja bulanan
4/ 5
Oleh