AMANAH FOOD'S => menyediakan Abon Sapi Original dgn kemasan pack super (Kedap Udara) NET: 100gr, 50gr dan Menyediakan Bawang Goreng kemasan NET: 175gr >> Pemesan via Whatsapp Toko / Free ongkir hingga Rp15.000,- (Beli min.5 products) / OPEN RESELLER dan DROPSHIP [Klik Gambar diatas!]

Bagaimana perhitungan google adsense membayar publisher



Untuk menjawab pertanyaan itu, anda harus tahu terlebih dahulu dari mana uang tersebut berasal, dan bagaimana bisa Search Engine google membayar publisher adsense? Apakah betul jika adsense membayar publisher-nya, atau hanya mitos uka-uka dunia lain?! Hhe..
Untuk menjawab pertanyaan anda, kita mulai dari pembahasan Google Adwords, Kemudian Search engine Google, dan yang jadi primadona kalangan youtubers dan webmaster yaitu Google adsense. Saya sudah banyak membaca dan mencari tutorial diwebsite bagaimana cara perhitungan google adsense membayar dan bagimana meningkatkan jumlah klik Google adsense dari traffic website organik. Dan kebanyakan tutorialnya bertele-tele dengan maksud yang bisa diringkas tanpa harus banyak membuang waktu untuk membaca tulisan diwebsite.

Perhatikan baik-baik SKEMA gambar dibawah ini:

Google Adwords
Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama (Revenue) Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari (Google).
Keterangan :
Google adwords  bisa disimpulkan sebagai media pemasaran produk atau jasa dari konsumen ke mesin pencari google dengan tujuan agar penjualan lebih hemat tanpa perlu sewa toko karena berbasis online. Namun, jika anda telah mendaftar akun google adwords, iklan tidak akan tayang sebelum anda deposit atau menstransfer sejumlah dana ke pihak google.

Mesin Pencari/Search Engine
Mesin pencari web atau mesin telusur web (search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.
Keterangan :
Di mesin pencari biasanya orang-orang akan mencari sebuah informasi yang diperlukan tentang suatu hal yang dianggap penting atau bisa jadi orang-orang akan mencari sebuah video yang diperlukan tentang suatu hal yang dianggap penting atau memberikan edukasi atau hiburan. Media penayangan iklan google seperti yang kita tahu melalui website dan youtube.


Google Adsense
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Untuk menjadi publisher atau menjadi partner google sebagai pengiklan. Anda harus memiliki akun adsense dengan syarat sanggup mengikuti kebijakan (TOS) dari pihak google adsense. Tutorialnya sudah sangat trend di search engine google dan yahoo dibahas dari A sampai Z (Silahkan Browsing)!!

Saya anggap anda sudah memiliki akun Google Adsense. tapi kenapa ya pendapatannya kecil ?
Untuk menghitung besarnya pendapatan anda sebagai partner iklan melalui google adsense perhatikan hal-hal dibawah ini:
CTR [Click Through Rate]
CTR digunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dibagi per jumlah tayang iklan. Misalnya, jika iklan ditayangkan di sebuah website/blog sebanyak 1.200 kali dan mendapatkan klik 19 kali dari pengunjung web/blog maka CTR-nya bisa dihitung  19/1.200=0,0015 atau bila diprosentase =0,15%
CPM/BPS [Cost per Mille]
Biaya per Seribu, bisa dijelaskan publisher akan mendapat pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang iklan.
RPM [Revenue Per Thoushand Impression]
Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang diperoleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten,ukuran banner dan relevansi iklan. RPM digolongkan dalam 3 hal, seperti penjelasan dibawah ini :
A). Query RPM (berdasarkan Kata Kunci)
Pendapatan Kueri per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.
RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000
Jika penghasilan anda dari kueri tertaksir $30 dari 11.000 kueri, RPM kueri anda akan setara dengan ($30 / 11.000) * 1000 = $ 2,72.
B) Page RPM (berdasarkan Halaman)
Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.
RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000
Jika penghasilan tertaksir anda sebesar $0,15 dari 35 tampilan halaman, maka BPS halaman anda bisa dihitung ($0,15/35) * 1.000 =$ 4,28.
C) Request Ads RPM (Berdasarkan Permintaan Iklan)
Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan, lalu dikalikan 1.000.
RPM permintaan iklan = (Penghasilan tertaksir/Jumlah permintaan iklan) *1000
Jika penghasilan tertaksir anda sebesar $2 dari 300 jumlah permintaan iklan, maka BPS halaman anda bisa dihitung ($2/300) * 1.000 =$ 6,67
Ingat ya... hitungannya per 1000 impresi, baru bisa anda gunakan cara ini, arti RPM [Revenue Per Thoushand Impression] atau jika diartikan dalam bahasa indonsia “Pendapatan google adsense berdasarkan 1000 impresi”.

CPC [Cost Per Click]
CPC digunakan dalam menghitung biaya per klik iklan tergantung dari jenis, ukuran dan banner iklan yang ditanyangkan. Biaya per klik sendiri besaran nilainya ditentukan oleh pengiklan melalui google Adwords.
Nilai CPC hanya diketahu pihak google dan pengiklan (konsumen) yang memasang iklan melalui media google adwords. Bisa dibilang informasi rahasia yang diketahui oleh penerbit dan pemasang iklan. Oleh karen itu CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci berdasarkan niche blog atau website yang anda miliki. Biasanya nilai iklan di indonesia $0,01-$0,05 per klik iklan.

Apakah anda sudah paham sekarang kenapa penghasilan adsense rendah? Namun, ada webmaster yang sudah berhasil mendapat jutaan dollar dari google adsense. kuncinya adalah SEO web. sudahkah anda SEO Web/blog yang anda miliki sekarang?

Baca juga: Cara pintar Menabung agar tidak Hutang di Usia muda

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. nantikan ulasan artikel menarik lainnya dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halam website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..
Sumber bacaan:
Id.wikipedia.org
Sumber Resmi

Related Posts

Bagaimana perhitungan google adsense membayar publisher
4/ 5
Oleh