Aplikasi Gojek dan 5 Produk versi 1.0.98 ditahun 2017



Aplikasi gojek, Perusahaan ini bergerak dibidang jasa transportasi online. Yang mengubah tukang banyak tukang Ojek berbalik 360 derajat posisinya secara ekonomi. Yang dulunya hanya menunggu penumpang/pelanggan, dengan diluncurkan Aplikasi Go-jek berbasis online maka penumpang atau pelangganlah yang membutuhkan tukang ojek, tahap ini seperti tahap simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). Sangat menarik memang membahas aplikasi yang satu ini, selain sudah menggunakan media elektronik yang mudah di gunakan oleh end-user atau pengguna baru, Aplikasi Go-jek sudah bisa di instal pada smarthphone system ANDROID dan IOS. Aplikasi ini di buat langsung empunya, atau oleh PT.GO-JEK Indonesia.


Sejak PT.GO-JEK Indonesia berdiri pada tahun 2011, semakin banyak permintaan masyarakat yang ingin bergabung menjadi driver go-jek bersama PT.GO-Jek Indonesia. Saya tidak tahu secara pasti berapa banyak driver yang bekerja untuk Perusahaan Go-Jek sampai agustus 2016.
Menurut media cetak surat kabar elektronik suara.com, driver gojek di jakarta selatan mencapai 12.000 orang, ditambah lagi dengan 200 orang yang mendaftar perhari pada tahun 2015. Saya tidak tahu pasti apa latar belakang driver go-jek yang membuat mereka dengan senang hati meninggalkan pekerjaan mereka sebelumnya. Atau hanya untuk kerja sampingan.
Sumber: News: Suara.com

Sebenarnya para driver bukan karyawan, bukan outsourcing (system Kerja kontrak) bukan juga kuli yang memiliki boss atau atasan. Dalam perekrutannya, PT.Go-Jek Indonesia menyebutkan bahwa, dengan melengkapi semua persyaratan yang di minta perusahaan, maka perusahaan PT.GO-JEK Indonesia menyatakan bahwa Anda bermitra, berpatner atau meng-anggap driver gojek sebagai klien bisnis/Mitra yg saling menguntungkan.


Setelah diterima menjadi mitra PT.Gojek indonesia, driver akan mendapatkan fasilitas:
1 buah jaket Gojek
1 Helm Gojek, dan 1 pack hairnet dan masker dari perusahaan.

Upah Driver GO-JEK pada setiap Order yg Diterima

Menurut media cetak, digital dan elektronik yang saya baca, system pembayaran driver gojek dihitung dengan prosentase 80% untuk Driver gojek, dan 20% untuk perusahaan PT Gojek.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini :

Gambar 1 -order GO-FOOD dari pelanggan

System online berbasis aplikasi Gojek juga menggunakan 2 metode pembayaran dalam pemakaiannya yang bisa dipilih oleh pelanggan, metode pembayaran berbasis aplikasi online Go-Jek, yaitu :

a). Pembayaran Tunai

Dengan metode pembayaran tunai, pelanggan bisa membayar secara langsung ke driver Go-jek setelah sampai tujuan atau lokasi yang di inginkan pelanggan.

b). Pembayaran GO-PAY

Dengan metode pembayaran Go-pay atau kredit, pelanggan hanya tinggal menikmati transportasi online atau jasa Go-jek tanpa harus mengeluarkan uang didompet. Secara otomatis saldo driver penerima order akan bertambah di aplikasi Gojek.

Fee Driver GO-JEK pada setiap Order yg Diterima

Dari gambar diatas besaran biaya Antar yang akan diterima driver Gojek Rp.15.000, secara otomatis setelah order diselesakan driver, maka system akan memotong sebesar 20% dari order pelanggan.
Maka besaran penerimaan Driver Go-jek dengan 2 metode pembayaran yang berbeda seperti berikut:

a). Pembayaran Tunai yg di Dapat driver

Besarnya pendapatan (payment) yang diterima driver secara tunai Rp.15.000, namun secara otomatis system akan memotong sebesar Rp.3000 dengan perhitungan (15.000x20%=3.000). jadi pendapat bersih driver gojek sebesar Rp.12.000 rupiah.

b). Pembayaran Go-pay (Kredit) yg di Dapat driver

Besarnya pendapatan (payment) yang diterima driver dengan metode pembayaran Go-Pay sebesar Rp.12.000, yang secara otomatis menambah saldo akun Driver Go-jek.

NOTE: Mungkin dari pembaca ada yang bingung dengan teks : “saldo akun driver”. Begini penjelasannya, Setelah diterima untuk bergabung dengan PT.GO-JEK Indonesia, setiap driver diwajibkan membuat rekening ponsel dengan nomer simPATI. Untuk membuat rekening ponsel, PT.GO-Jek Indonesia bekerja sama dengan instansi Bank CIMB NIAGA. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pelanggan memilih metode pembayaran yang di inginkan.


Ini 5 Produk dalam Aplikasi Gojek versi 1.0.98 tahun 2017

Produk menjadi salah satu atau syarat mutlak bagi pengusaha yang ingin berbisnis, secara ekonomi bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjual-belikan kepada konsumen melalui pasar. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan pelanggan.
Namun secara ekonomi pelanggan adalah : konsumen yang memiliki daya beli untuk mendapatkan suatu produk yang di inginkan.
Produk-produk yang ditawarkan PT.Gojek Imdonesia, yaitu :

1. Go-Ride

Produk yang telah lama dikenal masyarakat luas,  bahkan sebelum adanya ojek online. Produk ini berfokus pada antar atau jemput pelanggan sesuai lokasi yang di inginkan.
Ada kalanya menjadi tukang ojek penuh dengan keluhan pelanggan, ada juga yg mendapatkan penumpang cantik seperti pengemudi ojek online diatas. Pasti tambah semangat narik ojek ya!

2. Go-Food

Produk ini sangat cocok bagi pelanggan yang ingin menikmati makanan cepat saji atau kuliner di kota-kota besar namun tidak tahu rute atau lokasi tempat usaha dimana penjual kuliner atau makanan cepat saji itu berada.
Dengan menggunakan order Go-Food pelanggan bisa menikmati delivary online seperti iklan ditelevisi pada pemesanan produk Mc Donald. Tugas dari driver Go-jek hanya mengantarkan produk makanan yang dipesan konsumen melalui aplikasi Go-jek. sekalipun yang dipesan adalah produk makanan pecel lele, driver dengan senang hati akan mengantarkan produk di lokasi anda. hayoo sudah pernah pakai jasa ojek online belum nih!

3. Go-Send

Produk ini hampir sama dengan go-food, yang membedakan adalah pada order GO-send tugas dari driver hanya mengantarkan barang yang akan di antar ke lokasi sesuai maps. Biasanya pengguna go-send berasal dari Intansi atau masyarakat umum, pengantaran ini dapat berupa Dokumen, buku, surat pos dan lainnya.
Namun ada juga sepengalaman saya, memakai jasa ojek online untuk memberi hadiah pada pacar, seperti bunga, kue ulangtahun, boneka. Ada juga foto kenangan. Asal jangan kenangan mantan yg dikirimkan loh ya! 

4. Go-Mart dan Go-Shop

Produk gojek yang satu ini menawarkan kemudahan Jasa belanja G0-mart dan Go-Shop yang memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk menemukan barang kebutuhan rumah tangga seperti sembako, kebutuhan mandi, dan peralatan dapur serta lainnya tanpa harus keluar rumah.

Seperti pada contoh gambar diatas, mengantarkan barang elektronik rumah tangga. Tak perlu repot, dan biaya juga sangat murah. Tidak sampai Rp25.000 untuk jarak 20 Kilometer.

5. Go-Med (Medis)

Produk ini adalah inovasi dari produk Go-Jek yang sebelumnya dari go-mart, karna GO-Med dalam aplikasi gojek menawarkan kemudahan Jasa belanja khusus obat-obatan yang memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk menemukan obat dengan resep medis atau dari dokter rumah sakit tertentu.
Bagaimana? Tertarik menggunakan Jasa Go-jek dengan Aplikasi smartphone di genggaman anda ? untuk aplikasi GO-JEK anda  bisa cari di google atau App store seperti, playstore, opera app store, bing apps store, IOS Apps store, mobo market, dan penyedia jasa aplikasi lainnya.
atau justru tertarik untuk menjadi driver gojek dikota anda??

Artikel pilihan Penulis:

  1. Tarif cek saldo di ATM bersama bikin kaget!
  2. Rute paling cepat jalan-jalan ke Monas naik Busway dari Bekasi
  3. Cerita susah cari kerja di Jakarta bagi Fresh graduate/Lulusan baru

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi artikel terbaru dapat anda cek (klik Update artikel lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Related Posts

Aplikasi Gojek dan 5 Produk versi 1.0.98 ditahun 2017
4/ 5
Oleh