AMANAH FOOD'S => menyediakan Abon Sapi Original dgn kemasan pack super (Kedap Udara) NET: 100gr, 50gr dan Menyediakan Bawang Goreng kemasan NET: 175gr >> Pemesan via Whatsapp Toko / Free ongkir hingga Rp15.000,- (Beli min.5 products) / OPEN RESELLER dan DROPSHIP [Klik Gambar diatas!]

Penipuan Ketenagakerjaan




Sulitnya mencari pekerjaan di indonesia dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari penipuan sms yang memberi tahukan mendapat undian berhadiah motor atau mobil hingga uang jutaan rupiah. Untuk membuat si korban percaya oknum tersebut mengatas namakan instansi atau perusahaan untuk merayu korban masuk dalam khayalan untuk mendapatkan hadiah tersebut.
Penipuan adalah sebuah kebohongan yang dibuat untuk keuntungan pribadi tetapi merugikan orang lain, meskipun ia memiliki arti hukum yang lebih dalam, detail jelasnya bervariasi di berbagai wilayah hukum. Penipuan sering juga dapat diartikan tindakan kejahatan yang bisa menjerat pelakunya masuk kedalam lembaga pemasyarakatan (BUI/PENJARA). Penipuan belakangan ini bagitu banyak terjadi di indonesia. Namun kali ini saya akan membahas penipuan yang menyangkaut ketenagakerjaan indonesia.
Tenaga kerja bisa diartikan penduduk indonesia dalam usia kerja yang siap melakukan pekerjaan dalam rangka menghasilkan barang dan jasa: antara lain mereka yang sudah bekerja, mereka yang sedang mencari pekerjaan, mereka yang  sedang kuliah atau bersekolah.
Apakah mereka yang kuliah bisa dikatakan tenaga kerja?
Ya. Karna calon sarjana muda sedang di bentuk karakter dan kemampuan (skill) pemuda ataupun pemudi untuk siap berada di dunia kerja. Namun apakah seorang sarjana pasti menjadi tenaga kerja?
coba kita simak pengertian “SARJANA” menurut kamus besar bahasa indonesia :
Sarjana adalah orang pandai (ahli ilmu pengetahuan), memiliki gelar strata satu yang dicapai oleh seseorang yang telah menamatkan pendidikan tingkat terakhir di perguruan tinggi. Diantaranya :
a)  muda tingkatan yang dicapai oleh seseorang yang telah menyelesaikan program tertentu di perguruan tinggi, biasanya menyelesaikan tingkat III (D3);
b)    plus gelar kesarjanaan (S1) yang diperoleh di luar bidang studinya.
c)  utama gelar akademis yang diperoleh seseorang setelah menyelesaikan pendidikan program magister.
Mengenai arti ketenagakerjaan  yang  sebenarnya, menurut saya tenaga kerja  bisa diartikan sebagai  orang yang bisa bekerja, mau meluangkan waktu, mau merubah hidupnya. Banyak sekali penduduk indonesia yang terkena kejadian-kejadian nyata tentang penipuan. apa saja fenomena-fenomena dari sebuah faktor ketenaga kerjaan, simak semua, diulas hangat sebagai berikut :

1. Fenomena MLM

Multi level marketing atau MLM sering kali banyak membuat orang-orang atau penduduk indonesia berpikir terbalik (reserve mindset) atau berpikir ingin cepat kaya. Secara sederhana mayoritas tenaga kerja yang berkutat di dunia multi level marketing akan terus bersemangat dalam mencari korban. Apakah kata korban kurang pantas? ya sudah kita sebut saja member atau anggota multi level marketing.  Saya priadi kurang suka dengan cara berpikir mereka yang menginginkan cepat kaya. Saya tahu bahwa “uang bukan segalanya – namun segalanya butuh uang”.
Tapi tidak dengan cara seperti ini untuk bisa menggapai kehidupan 10 tahun kedepan. Loh... kok lama bang? Hhe... ya layaknya sebuah investasi. Sudah seharusnya tenaga kerja berpikir untuk 10 tahun kedepan bagaimana kehidupannya dikemudian hari. Bagaimana mencari rezeki yang halal dan berkesinambungan untuk masa depan yang lebih cerah dan konstan tanpa tersangkut masalah hukum atau merugikan orang lain. Untuk yg sudah bergabung dalam MLM. Anggap saja guru terbaik anda. Saya memiliki seorang dosen yang dahulunya pernah bergabung dalam MLM (MULTI LEVEL MARKETING) beliau bergabung bukan karena ingin mengikuti skema cepat kaya, namun hanya untuk mencari tahu atau survey dengan keadaan yang sesungguhnya dilapangan atau kejadian nyata di indonesia. Mengapa MLM begitu menarik? dan ternyata dari hasil survey dilapangan memang banyak pemuda indonesia yang menginginkan skema cepat kaya dengan multi level marketing.
Namun beliau tidak demikian, beliau hanya mengumpulkan fakta-fakta lapangan bahwa fenomena MLM bisa menarik banyak minat dikarekan para pemuda (daerah tertentu) menginginkan cepat kaya dalam waktu kurang dari 1 tahun. coba renungkan ini : "Awal anda gabung MLM, anda ingin uang 1juta. Setelah 1 tahun, teman anda punya motor sporty, anda pun menginginkan punya motor sporty. Setelah 2 tahun bergabung teman anda punya mobil mewah, anda juga ingin punya mobil mewah. Setelah 5 tahun teman anda punya mobil baru + Rumah mewah tingkat 12 lantai + apartemen dan hotel bintang lima (5). Bagaimana dengan anda? Menyerah atau berlanjut. Sudahkah anda cari tahu yang sesungguhnya terjadi. apakah teman anda hanya bekerja diMLM atau MLM hanya untuk mencari tambahan modal kerja (batu loncatan).
Dalam sebuah laporan keuangan perusahaan besar. Semua kas atau uang atau aset lancar harus bisa dipertanggung jawabkan manajemen, kemana atau digunakan untuk apa aset lencar oleh pihak manajemen. dan pihak manajemen akan bertanggungjawab pada pemegang saham (pemilik perusahaan).  Bagaimana manajemen keuangan anda??

2. Fenomena Investasi Bodong

Berulangkali kasus seperti ini terjadi di indonesia. Mulai tahun 2004 sampai  dengan 2017 Selalu ada saja yang terkena tipu. media televisi dan surat kabar sangat ramai memperluaskan liputan investasi bodong.Saya sangat terheran-heran. Bagaimana seorang mbah-mbah atau orang pintar atau perusahaan yang namanya tidak terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bisa menipu jutaan, ribuaan atau ratusan orang hanya kurang dari 1 Tahun menjalankan operasi dalam investasi bodong bisa mendapatkan keuntungan hingga triliunan rupiah. Ada yang tidak tahu arti bodong? Bodong dalam bahasa jawa artinya bodoh atau bohong atau tipu-tipu. 

Pihak bank telah menyediakan banyak akses bagi masyarakat untuk berinvestasi, mulai dari dana yang bisa ditanam dibawah 3 bulan – 12 bulan (Deposito) atau lebih dari 5 tahun. Kalau investasi yang lebih 5 tahun anda harus membidik bursa saham dan surat berharga lainnya dipasar bursa efek indonesia. Atau anda ingin membuka usaha sendiri yang lebih meyakinkan diri anda.

3. Fenomena Tenaga kerja Palsu

Pernahkah anda berfikir untuk bekerja dan menghasilkan banyak uang dalam dunia kerja tentang pengalaman anda bekerja pertama kali disebuah perusahaan. banyak masyarakat ingin mendapatkan penhasilan melimpah. 1 pertanyaan timbul "bagaimana skill (kemampuan) anda dalam bekerja? pengalaman apa yg anda punya untuk menjadi seorang pemimpin (manajer). Sebuah pengalaman pribadi saya dapat ketika duduk dibangku kuliah semester 5. Saat itu saya melihat-lihat berita disurat kabar. Saya kok merasa kuliah saya sangat banyak waktu terbuang percuma. 1 hari biasanya hanya ada 1 mata kuliah atau 2 mata kuliah saja. Sisa waktunya hanya saya habiskan untuk berkumpul bersama teman-teman atau tidur siang dan menonoton televisi.
Berawal dari lowongan iklan disurat kabar, ada sebuah perushaan X dan Y (Sebut saja begitu) sedang membutuhkan tenaga kerja bagian personalia (untuk rekap gaji) dan bag.accounting. Wah... pekerjaan sesuai kemampuan saya ini. Lanjut baca iklan....
Gaji 2 juta hingga 3,5 juta. Jlebbb!!! WTF. UMR kota jakarta saja saat ini hanya menyentuh ngka  3,3 juta. Bagaimana mungkin dikota jogja bisa menyentuh angka 3,5 Jete woy! 
muncul ide jahat dalam benak saya untuk menghubungi pemesang iklan. (selamat siang pak, Apakah betul bapak sedang membutuhkan karyawan?)Dan bla-bla-bla...
************!silahkan besok pagi jam 09.00 ke kantor akan ada tes wawancara!*********
Apa-apa an ini? (pikir saya). Saya belum kirim berkas lamaran kerja, dan dia tidak tahu siapa saya? Langsung dipanggil interview. Menurut pengalaman saya, sebelum kita diterima bekerja. Bagian personalia akan melihat data-data peribadi kita, mulai dari CV, tamatan, asal (daerah tinggal) yang dicari biasanya yang lebih dekat dari lokasi kerja (saat itu saya melamar kerja waiters) disalah satu Caffe di kota yogyakarta. Setelah lamaran dimasukan, beberapa hari kemudian bagian personalia akan memanggil anda untuk membuat kesepakatan kerja mengenai prosedur kerja, gaji dan bonus yang akan didapat serta hari libur kerja (dalam interview). menurut saya juga, ketenagakerjaan adalah suatu usaha dalam memenuhi kebutuhan jasmani (Uang/Moneter) serta berinteraksi sosial dengan yang lain, atau yang mana dalam dunia kerja akan mengenal tim kerja (tim work) yang saling membantu dan saling melengkapi. sehingga dunia kerja menjadi dapat di nikmati dan dapat mengundang senyum-senyum kecil saat bersama teman kerja atau partner atau teman akrab. sehingga waktu bekerja terasa menyenangkan.

Jika dari pembaca ada yang pernah mendapat penggilan interview mendadak. Sebelum anda memasukan lamaran kerja / dimintai uang administrasi/uang pelicin atau uang keset dan sebagainya, Atau uang apalah... itu, saran saya abaikan.  Tips dari saya : “Jika anda sudah terjebak di dalam ruangan interview, dan anda diminta untuk membayar sejumlah persyaratan bla-bla-bla, katakan (saat diminta membayar) “Dompet saya tertinggal”.  Biarkan saya kembali sebentar untuk mengambil dompet saya pak/bu. Saya yakin si pemodus (tersangka) akan mengiyakan. Karna yang dibutuhkan hanya uang anda. Anda diperlukan? Tidak. Untuk apa anda bekerja pada orang yang tidak membutuhkan anda.
Anda manusia. Punya alat canggih untuk menentukan masa depan anda sendiri “PIKIRAN”.
saran saya, untuk teman-teman yang sedang mencari kerja, agar lebih berhati-hati.
Terimakasih sudah membaca!

sumber : id.wikipedia.org

Related Posts

Penipuan Ketenagakerjaan
4/ 5
Oleh