Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen



SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN  (SPM)

Pengendalian manajemen mencakup sistem pengendalian manajemen yang terdiri atas tataan organisasi, wewenang, tanggung jawab, dan informasi untuk memungkinkan pelaksanaan pengendalian dan untuk memproses sekumpulan tindakan yang memastikan bahwa organisasi bekerja untuk mencapai tujuannya (goal). Pengendalian manajemen adalah alat bagi para manajer, yang digunakan dalam interaksi/komunikasi diantara mereka (organisasi) dan dengan bawahan.
Sistem pengendalian manajemen merupakan suatu proses dan struktur yang tertata secara sistematik yang digunakan manajemen dalam pengendalian manajemen suatu entitas/perusahaan.
Proses pengendalian manajemen meliputi tiga tahap : 
1. Tindakan perencanaan
2. Pelaksanaan tindakan
3. Evaluasi tindakan
Ketiga tahap ini terjadi di berbagai tingkat dalam suatu organisasi, dari tingkat manajemen puncak sampai ke unit operasi terkecil.

Perhatikan : Bagan Posisi SPM dalam organisasi Entitas

Pengendalian manajemen meliputi, tindakan perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi tindakan, baik itu dalam pengendalian formal maupun informal. Diatas proses-proses pengendalian formal, terdapat pengendalian motivasi informal yang mendorong para manajer dan karyawan untuk terus menjaga agar organisasi maju menuju sasaran/tujuan yang telah ditetapkan.
Sistem pengendalian informal, biasanya tertulis sebagi peraturan yang harus di taati manajemen dan bawahannya.
Namun, adakalanya terdapat kebijakan-kebijakan tak tertulis dalam organisasi, seperti budaya (culture) merupakan bagian dari budaya pengendalian organisasi. Budaya ini dapat mencakup proses-proses yang tak terucapkan untuk memotivasi para manajer guna mengambil tindakan-tindakan yang dikehendaki, dan mencegah. serta memperbaiki karyawan dan unit-unit organisasi dari tindakan-tindakan yang tidak layak.
Dengan bagan kita lebih mudah memahami arti Sistem pengendalian Manajemen. terimakasih sudah membaca. bila ada yg kurang jelas dan kurang dipahami, silahkan tulis dikolom komentar

Related Posts

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen
4/ 5
Oleh