AMANAH FOOD'S => menyediakan Abon Sapi Original dgn kemasan pack super (Kedap Udara) NET: 100gr, 50gr dan Menyediakan Bawang Goreng kemasan NET: 175gr >> Pemesan via Whatsapp Toko / Free ongkir hingga Rp15.000,- (Beli min.5 products) / OPEN RESELLER dan DROPSHIP [Klik Gambar diatas!]

Cara membuat neraca dari soal akuntansi



Laporan Keuangan perusahaan dalam neraca menunjukan besaran posisi Keuangan (balance sheet/statement of financial position) atau yang biasa dikenal sebagai neraca. suatu bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi dimana menunjukkan posisi atas keuangan/neraca perusahaan/entitas bisnis tersebut pada akhir periode akuntansi yang bisa digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan bisnis. Selain itu ada juga laporan laba-rugi. Laporan keuangan laba-rugi dalam akuntansi dapat di terjemahkan sebagai laporan yang menunjukan besarnya pendapatan dari penjualan perusahaan dan beban-beban perusahaan yang terdiri atas besarnya beban operasional dan beban pemasaran dalam satu periode akuntansi yang telah ditentukan. Biasanya 1 periode akuntansi dimulai dari 1 januari hingga 31 desember tahun buku perusahaan.
Untuk membermudah pemahaman anda cara membuat laporan keuangan neraca dan laporan laba-rugi perusahaan, saya membuat contoh soal yang mudah di pahami pembaca semuanya. Untuk mempermudah cara membuatnya saya menyajikan laporan neraca dan laporan laba-rugi selama pelaporan 1 januari hingga 31 januari. karna masih laporan awal bulan, jadi belum ada data laba di tahan atau pembagian deviden ya guys! Mengapa demikian? Biasanya anak akuntansi malas memperhatikan transaksi yang terjadi selama 1 tahun. Kalau malas? Kapan menjadi bisa menyajikan laporan neraca dan laporan laba-rugi. Akan sangat mustahil bila tiba-tiba menjadi bisa tanpa belajar guys!!!

INTRODUCTION (petunjuk) :
1. Sebelumnya buka dulu soal dan cara membuat jurnalnya : Soal dan cara membuat jurnal

2. Buka juga cara membuat buku besar dari jurnal transaksi : Cara posting ke buku besar setelah menjurnal transaksi (General Ledger)
Dan sekarang kita akan membuat neraca saldo, atau dari transaksi keseluruhan/di ringkas dari buku besar. kedalam neraca saldo. ada yang belum tahu atau lupa dari mana sih laporan keuanga terbentuk? buka disini > Pengertian cara membuat laporan keuangan dari transaksi. Berikut ini adalah bentuk neraca saldonya dari soal akuntansi yang sudah saya buat untuk lebih mudah dipahami. karena kalau dibuat 1 page, terlalu sulit dipahami. oleh karena itu saya membuatnya menjadi 3 page (tiga halaman web).

Dari post-post atau akun-akun di Neraca saldo kita buat Laporan posisi keuangan (Neraca) dan laporan laba-rugi PT. Pointer Jobs Kontruksion, Tbk. Posisi Neraca Keuangan terdiri atas dua (2) pos yaitu Aktiva (Aset) dan Pasiva. Dua pos tersebut terdiri atas 3 unsur yang terdiri atas aset (aktiva), dan pada pos Pasiva terdiri atas kewajiban atau hutang (liabilitas), dan ekuitas atau modal (equity).
deskripsi Neraca agar lebih mudah,
Aktiva terdiri dari : Aktiva lancar dan Aktiva Tetap
Pasiva terdiri dari
Liability : Utang Jangka pendek dan utang Jangka Panjang
Equity : Modal pemilik atau Modal Saham (bentuk Perseroan)


Ingat ya guys, dari post-post atau akun-akun di Neraca (posisi keuangan) jangan lagi di masukan (Entry) ke dalam laporan laba-rugi PT. Pointer Jobs Kontruksion, Tbk. yang akan terjadi adalah double entry/saldonya membengkak/berlebihan yang bisa membuat laporan anda tidak balance, hhe..
Berikut bentuk laporan laba ruginya sob,

kalau sobat perhatikan di laporan posisi keuangan terdapat saldo Rp.1.096.026.700,- sebagaimana yang sobat perhatikan, jumlah itu adalah jumlah dari laba setelah di kurangi pajak penghasilan dalam laporan laba-rugi. ini di gunakan sebagai dasar bahwa laporan posisi keuangan dan laba-rugi saling berkaitan, hanya saja post atau akun yang berbeda di dalam kedua laporan tersebut. loh.... kok bisa beda? jawabannya, laporan keuangan yang relevan, dan harus memenuhi lpaoran keuangan yang transparan dan sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang di atur perserikatan Profesi akuntan : Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). anda tahu apa itu SAK ? 
selamat meraih masa depan sebagi akuntan!

NOTE: Bila setelah membaca semua ulasan materi AKUNTANSI KEUANGAN yang telah kami bagi dalam beberapa halaman, dan anda merasa belum cukup paham! berikut merupakan contoh lengkap soal dan jawaban yang telah kami rangkum dalam 1 halaman website, yang bisa anda kerjakan di rumah. Siapkan 5 lembar kertas kosong, penggaris dan 1 boulpoin dan mulailah kerjakan soal tersebut!!

Artikel pilihan Penulis:

  1. Mengenal International Standar of Audit terbaru (Accounting)
  2. Fungsi Internal Audit dalam Sistem Pengendalian Manajemen
  3. Soal Accounting: Buatlah jurnal umum, buku besar dan 4 Laporan keuangan 

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. nantikan ulasan materi akuntansi lain bisa anda cek (klik Akuntansi lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Related Posts

Cara membuat neraca dari soal akuntansi
4/ 5
Oleh