Optimasi mesin pencari dengan 6 cara



Optimasi Mesin Pencari di Halaman 1 Google

Hallo sahabat website, hari ini saya mau berbagi tentang keberhasilan saya dalam melakukan Search Engine Optimizer atau sudah kita kenal dengan SEO pada website yang saya miliki satu-satunya. dalam kesempatan ini saya memberi judul tulisan saya dengan Optimasi mesin pencari dengan 6 cara. Mungkin dari para sahabat masih ada yang belum tahu atau belum pernah mendengar apa sih artinya Search Engine Optimizer. Oke lanjut baca ya…..
Pengertian Search Engine Optimizer atau SEO menurut Wikipedia adalah :
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Nah… sekarang sahabat website sudah pada tahu dong apa artinya SEO. Sekarang justru membuat sahabat website semakin penasaran dan timbulah 1 pertanyaan : Bagaimana cara membuatnya ?
Saya punya beberapa tips yang bisa sahabat gunakan supaya website anda bisa bersaing dengan website lain khusunya di Search Engine google ya, melakukan Optimasi mesin pencari dengan 6 cara yang akan saya bagikan. karna Mesin pencari ini adalah mesin pencari terbesar di dunia setelah Bing dan yahoo.

1. Domain TLD (Top Level Domain)

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server lewat search engine atau mesin pencari, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs website. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Saran saya, buatlah domain yang memberikan tema atau Topik website yang anda ingin buat. Hal ini mempermudah mesin pencari mengelompokan website berdasarkan tema yang dibuat webmaster atau user yang memiliki website. Contohnya website sosial media : Facebook.com, twitter.com, google plus dan lain sebagainya; website bertema ekonomi, berita, kecantikan, Tanya dokter, dan lain-lain
Untuk pengelompokannya, jika anda membuka https://www.google.co.id/trends/ untuk meriset atau mencari kata kunci agar memiliki traffic tinggi di website sahabat. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :


Atau anda bisa akses di : https://www.google.co.id/trends/explore?q=ekonomi untuk melihat seberapa banyak pencarian website bertema Ekonomi.
TLD adalah singkatan dari Top Level domain yang bisa di artikan kedalam bahasa Indonesia sebagai Level domain tingkat atas. Yang mana dari pembuatan domain berkarakteristik TLD dimaksudkan pada ekstensi yang di ambil dari sebuah nama website. Sehingga akan mudah di temukan pada mesin pencari.
Coba sahabat perhatikan website yang berada pada halaman 1 google, pasti kesemuanya menggunakan domain Top Level Domain yang mempermudah search engine menemukan website berekstensi TLD.
Nama-nama domain TLD contohnya seperti :
Example.com, example.co.id, example.org, example.web.id, example.id dan lain sebagainya. Example adalah nama (domain/theme/topik website : Detik.com)
Dan yang harus anda ketahui adalah domain TLD ini tidak ada yang gratis ya…. Semuanya berbayar. Untuk membelinya anda bisa kunjungi toko website yang menjual domain dan hosting. Referensi dari saya :
1.      Jagoanhosting
2.      RumahHosting
3.      Niagahoster
4.      Rumahweb
5.      Hostinger
Itu beberapa referensi dari saya, jika anda ingin membeli domain atau hosting sesuai kebutuhan, website apa yang ingin anda buat. Tentunya jangan pernah ragu, karna webmasters memakai nama domain berbayar juga digunakan untuk mencari uang dari internet. Lihat saja, tokopedia, bli-bli.com dan toko online lainnya atau sebagai publisher adsense seperti yang saya lakukan. Meskipun jarang mendapat klik iklan dari pendatang.. wkwk

2. Template Website

Template merupakan sebuah tampilan awal di halaman situs website. template berfungsi untuk mempercantik tampilan website. Sehinga dapat menarik pengunjung atau traffic dari Search engine, karna sedap di pandang. Dengan catatan bahwa templates atau themes website tersebut ringan, dalam arti mudah loading. Semakin berkembangnya dunia teknologi website semakin banyak memiliki template dan macamnya tergantung dari pemilik website yang ingin mengelola website.
Dengan template yang mudah dalam loading, maka kemungkinan besar pengunjung akan kembali lagi untuk melihat update terbaru dari website yang ia rasa unik.
Namun yang saat ini berkembang adalah template mobile friendly. dimana pencarian suatu kata kunci atau search website menggunakan perangkat yang mendukung tampilan smartphone

3. Daftarkan Website di Webmaster Google

Cara lengkapnya silahkan buka : cara mendaftarkan website di Webmaster
Mendaftarkan website atau Blog ke webmaster google dengan tujuan agar website kita mudah ter-indeks oleh mesin pencari google dengan SERP.

4. Mengubah Meta Tag website

Meta tag adalah bahasa program pada website atau blog yang dibuat dengan menggunakan java script. Bagi orang awam atau anda yang baru belajar, melihat program ini membuat anda akan sakit kepala. Eits…. Tenang!! Saya buat artikel gak setengah-setengah, yang penting and abaca sampai habis dan pahami. Apa yang saya sampaikan. Begini caranya :
Jika anda memakai blog versi blogger.com, login terlebih dahulu. Kemudian anda klik setting >> Template >> Edit HTML.
Langkah selanjutnya dengan meng copi/salin meta tag berikut ini, dan paste pada website anda :

<meta http-equiv='Content-Type' content='Type=text/html; charset=utf-8'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>

<meta name="language" content="id" /><meta content='width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0' name='viewport'/>

<meta content='Masukkan deksipsi blog anda, panjang maksimal adalah 150 karakter' name='description'/>

<meta content='Masukkan keyword anda, contoh keyword, belajar ekonomi' name='Keywords'/>

<meta content='Tips Belajar SEO dan bisnis online dari pakar seo' name='subject'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
<link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>

<b:if cond='data:blog.isMobile'><meta content='noindex,nofollow' name='robots'/></b:if>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>

<b:else/>
            <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>

<meta content='-0.789275;113.921327' name='geo.position'/>

<meta content='-0.789275, 113.921327' name='ICBM'/>

<meta content='index,follow' name='robots'/>

<meta content='all' name='audience'/>

<meta content='id' name='geo.country'/>

<meta content='blogger' name='generator'/>

<meta content='general' name='rating'/>

<meta content='USERNAME' name='author'/>

<link href='https://plus.google.com/116062237425774564865' rel='me'/>
<link href='https://plus.google.com/116062237425774564865/about' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/116062237425774564865/posts' rel='publisher'/>

Catatan : PERHATIKAN BAIK-BAIK !!
Warna merah : isilah Deskripsi dan keywords sesuai website yang anda miliki.
Warna biru : ganti username dengan nama anda. Dan ganti ID Google Plus (116062237425774564865) dengan ID Google plus milik anda sendiri.
Berhati-hatilah menggunakan Meta tag, karna akan mempengaruhi Serp Website milik anda, jangan rubah apa pun selain pada meta tag warna merah dan biru.
Kemudian >> klik simpan.

5. Membuat Sitemap website

Dengan membuat sitemap, proses indeks blog/web oleh Spiderbot (robot Google) menjadi lebih efisien dan cepat . Untuk Platform blogger, Url Feed bisa langsung dimasukkan tanpa harus menambah aturan tertentu. Sedangkan khusus untuk platform Blogger/blogspot, harus menambahkan aturan tertentu agar pemasangan (submit/pendaftaran) Sitemap tidak error. 
Membuat Sitemap/peta situs Di Google Webmaster memiliki fungsi sebagai rujukan Search Engine untuk melakukan crawling halaman website/blog. Hal ini diterapkan di layanan raksasa mesin pencari Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools (terintegrasi dengan Site Explore Yahoo Webmaster Tools)dan lainnya.
Langkahnya sebagai berikut :
1.      Masuk ke email google
2.      Masukan URL Webmaster Google : https://www.google.com/webmasters/tools/dashboard/
3.      Perhatikan gambar ini


4.      Klik sitemap, kemudian pada pojok kanan atas tambahkan feed: sitemap.xml

5.      Ulangi cara 1-4 untuk membuat sitemap yang kedua, dan masukan feed : atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
6.      klik submit >> Selesai.

6. Hasil dari Seo Website

Banyak tutorial website abal-abal yang diberi judul, cara membuat website berada pada halaman 1 google. Nyatanya? Belum tentu website tersebut berada pada halam 1 Google.
Bukannya sombong nih sob, kalian bisa lihat screenshoot hasil SEO on page pada salah satu postingan saya malam lalu dibawah ini :


Saya harap dengan adanya tulisan ini, dapat membuat gairah para webmaster pemula dan yanag telah lama berkutik dengan dunia Seo Web dapat terbantu.
Kini website anda sudah SEO dengan mengikuti semua langkah-langkah yang saya berikan di atas. postinglah artikel yang membuat orang lain tertarik membacanya, agar dikemudian hari, mereka akan berkunjung kembali. Bila ada yang belum di mengerti, bisa Tanya lewat kolom komentar atau di situs sosmed saya. Terimakasih telah berkunjung.

Related Posts

Optimasi mesin pencari dengan 6 cara
4/ 5
Oleh