2 Metode Pencatatan Jurnal dalam Jurnal Akuntansi



Dalam metode pencatatan  Akuntansi terdapat jurnal akuntansi dan dua metode pencatatan jurnal tersebu. 2 metode yang biasa digunakan dalam akuntansi. metode cash basis dan acrual basis sebelum mencatat transaksi ke dalam jurnal 

Pencatatan jurnal dimaksudkan untuk mempermudah pencatatan transaksi sesuai nomer akun, nama akun yang dibukukan dan jumlah nominal suatu akun dalam transaksi, sebelum mencatatnya dalam buku besar.



Dalam ilmu akuntansi, jurnal adalah semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi bisnis yang dicatat secara kronologis dan bertujuan untuk menyususn laporan keuangan secara benar, termasuk di dalamnya terdapat nomer akun, tanggal terjadi transaksi dan nama-nama akun dalam transaksi dan jumlah secara nominal dalam transaksi keterjadian suatu akun. dua metode pencatatan akuntansi dijelaskan secara berikut :

Cash Basic ( Basis kas )

Mencatat transaksi dengan mengakui pendapatan setelah kas atau setara kas diterima atau dibayar dari transaksi penjualan yang digunakan untuk pengakuan pendapatan; dan pengeluaran kas  atau setara kas akan dicatat dalam jurnal sebagai beban setelah kas dikeluarkan (dibayar).
Contoh :
1.      Kas atau setara kas yang diterima dari transaksi penjualan - akan dicatat dalam jurnal pendapatan setelah kas atau setara kas diterima perusahaan.
2.   Kas atau setara kas yang belum diterima dari transaksi penjualan – tidak dicatat dalam jurnal piutang perusahaan.
3.      Kas atau setara kas yang di keluarkan dari transaksi pembelian - akan dicatat dalam jurnal beban perusahaan.

Accrual Basic (Basis Akrual)

Mencatat transaksi dengan mengakui pendapatan berdasarkan tanggal keterjadian / tanggal terjadinya transaksi, baik kas atau setara kas sudah diterima atau belum diterima dari suatu transaksi keterjadian. dalam sebuah pembelajaran baik sekolah maupun universitas menggunakan cara yang kedua ini dalam pembelajaran untuk para siswa/siswa atau mahasiswa.
Contoh :
1.      Kas atau setara kas yang diterima dari transaksi penjualan - akan dicatat dalam jurnal pendapatan
2.   Kas atau setara kas yang belum diterima dari transaksi penjualan - akan dicatat dalam jurnal piutang penjualan
Pengakuan pendapatan dan piutang berdasarkan kas  atau setara kas akan dicatat dalam jurnal secara urut berdasarkan transaksi sesuai bukti transaksi tanggal keterjadian.

Dua metode pencatatan jurnal di atas harus anda perhatikan baik-baik sebelum mulai mencatat kedalam buku jurnal. Hal ini dimaksudkan karna anda akan merasa kesulitan ketika akan membukukan jurnal ke dalam buku besar sebelum anda mulai membuat laporan neraca keuangan, laporan laba/rugi, laporan arus kas dan yg lainnya dalam hal membuat laporan keuangan secara baik dan benar.

Baik maksudnya mencatat transaksi secara urut, rapi dan mudah dipahami pembaca (Internal dan eksternal peusahaan). Benar maksudnya mencatat transaksi sesuai kenyataan dalam transaksi perusahaan, yang mana pencatatan tersebut dapat di interprestasikan dalam laporan keuangan secara benar, baik itu sesuai nomer akun, nama akun dan jumlah nominal atau saldo yang harus dicatat dalam buku jurnal.

bila ada yang kurang jelas, bisa disampaikan dikolom komentar

Related Posts

2 Metode Pencatatan Jurnal dalam Jurnal Akuntansi
4/ 5
Oleh