AMANAH FOOD'S => menyediakan Abon Sapi Original dgn kemasan pack super (Kedap Udara) NET: 100gr, 50gr dan Menyediakan Bawang Goreng kemasan NET: 175gr >> Pemesan via Whatsapp Toko / Free ongkir hingga Rp15.000,- (Beli min.5 products) / OPEN RESELLER dan DROPSHIP [Klik Gambar diatas!]

Wal-Mart Stores Inc.



Wal-Mart Stores Inc.

Wal-Mart Stores, Inc. adalah perusahaan Amerika Serikat yang bergerak di bidang pengoperasian jaringan department store. Perusahaan yang didirikan pada tahun 31 Oktober 1962 oleh Sam Walton in merupakan perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya menurut Fortune Global 500 2008. Sahamnya telah dicatat dalam Bursa Saham New York sejak 1972.Wal-mart berkantor pusat di Bentonville, Arkansas.
Walmart juga merupakan pengecer kelontong terbesar di Amerika Serikat. Pada tahun 2009, jaringan Wal-mart menghasilkan 51%  dari penjualan $ 258 milyar AS di bisnis grosir AS. Perusahaan ini juga memiliki dan mengoperasikan klub gudang ritel Sam di Amerika Utara. Pada tahun 1988, Wal-Mart adalah pengecer paling menguntungkan di Amerika Serikat, dan pada bulan November tahun 1990, Wal-mart mengalahkan penjualan K-Mart. Pada 1991, Wal-mart juga  mengalahkan penjualan Sears sehingga menjadi peritel terbesar di Amerika.
Walmart memiliki 10,800 toko di 27 negara, di bawah 69 nama yang berbeda dan e-commerce website di 10 negara. Perusahaan ini beroperasi di bawah nama Walmart di Amerika Serikat, termasuk 50 negara bagian dan Puerto Rico. Sedangkan di Britania Raya berdiri dengan nama ASDA, di Jepang dengan nama Seiyu, di Kanada, Meksiko dengan nama Walmex. Wal-Mart pernah juga beroperasi di Jerman namun akhirnya tutup pada tahun 2006 karena rugi. Selain itu, Wal-Mart pernah membuka tokonya di Indonesia (di Supermal Karawaci) pada pertengahan tahun 1990-an namun juga ditutup karena kurang menguntungkan.



Pada awal berdirinya, sejarah Walmart dimulai ketika seorang pengusaha dan mantan JC Penney karyawan, Sam Walton, membeli sebuah cabang dari toko Ben Franklin dari Butler Brothers.Fokus Sam adalah pada penjualan produk dengan harga rendah untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi dengan margin laba lebih rendah. Dia menggambarkan hal itu sebagai pengorbanan bagi konsumen. Ia mengalami kemunduran, karena harga sewa dan beli cabang yang sangat tinggi, tapi ia mampu untuk menemukan pemasok yang memberikan harga rendah daripada yang digunakan oleh toko-toko lain. Setelah lulus dari ujian itu, tokonya mengalami peningkatan sebanyak 45% pada tahun pertama kepemilikan $ 105.000 dalam pendapatan tahunan, yang meningkat menjadi $ 140.000 pada tahun berikutnya dan $ 175.000 setelah dua tiga tahun kepemilikan.
Ketika menginjak tahu kelima, toko ini mendapatkan penghasilan $ 250.000. Ketika sewa lokasi berakhir, Sam membuka waralaba Ben Franklin baru di  Bentonville, Arkansas, dan menyebutnya "Walton Lima dan Dime."


Pada tanggal 2 Juli 1962, Walton membuka toko Walmart Discount City pertama yang terletak di 719 Walnut Ave. di Rogers, Arkansas. Bangunan ini sekarang ditempati oleh sebuah toko perangkat keras dan mal antik. Dalam lima tahun, perusahaan diperluas ke 24 toko di seluruh Arkansas dan mencapai $ 12.6 juta dalam penghasilannya. Pada tahun 1968, Sam membuka toko pertamanya di luar Arkansas, di Sikeston, Missouri dan Claremore, Oklahoma.
Kini dengan slogannya, "Save money. Live better" (Hemat uang. Hidup lebih baik.), toko Wal-mart tetap memprioritaskan cara membantu banyak orang untuk menghemat uang dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga pelanggan mereka.Perusahaan juga bertanggung jawab atas masalah pelestarian lingkungan, usaha memerangi kelaparan, pemberdayaan perempuan dan penyediaan akses makanan sehat dan terjangkau.

Pembahasan Wal-Mart Stores Inc.

1.  Strategi wal-mart dan basisnya

Strategi yang membuat Wal-Mart menjadi pengecer terbesar di dunia adalah menjual produk bermerek dengan harga yang murah. Wal-Mart menjamin “ harga murah setiap hari” untuk menarik konsumen. 
Keunggulan kompetitif muncul ketika perusahaan menerapkan strategi yang dimana kompetitor tidak dapat meniru atau terlalu mahal untuk ditiru. 
Adapun dasar-dasar yang mendukung Wal-Mart sehingga bisa menciptakan keunggulan kompetitif berupa low cost (murah) antara lain adalah: 

a)       Pusat distribusi yang efisien.

Wal-Mart menerapkan strategi penjenuhan dalam ekspansi toko. Toko dibangun sejauh mungkin dari pusat distribusi tapi masih dalam jangkauan satu hari mengemudi kemudian area itu dibuka lagi toko-tokonya. Letak pusat distribusi yang strategis sehingga dapat melayani 150-200 buah toko Wal-Mart dalam sehari. Pusat distribusi beroperasi 24 jam dengan sabuk berjalan yang dipandu laser dan teknik dok silang yang memungkinkan di satu sisi menerima barang dan di sisi lainnya mengisi pesanan secara serentak. Pusat distribusi yang efisien membuat biaya distribusi Wal-Mart hanya 1,3% dari penjualan dibandingkan pesaing terdekat sebesar 3,5%. 

b)       Rantai persediaan yang efisien.

Wal-Mart membujuk para pemasoknya untuk memiliki sambungan elektronik dengan toko-tokonya dan selalu beradaptasi dengan teknologi rantai persediaan terbaru untuk meningkatkan pengawasan dan pengaturan persediaan.Pemasok dapat memantau persediaan produknya di Wal-Mart. Wal-Mart juga memastikan tidak ada pemasok yang melebihi 4% dari volume penjualan. Hal ini dilakukan agar Wal-Mart tidak terlalu tergantung pada salah satu pemasok sehingga tidak ada pemasok yang bisa mempengaruhi kebijakan penetapan harga. 

c)       Armada distribusi sendiri dan sistem jaringan satelit.

Armada yang terdiri dari 6.100 truk dengan 7.600 pengemudi yang dimiliki Wal-Mart mempermudahkan pengangkutan persediaan. Kebanyakan pesaing melakukan outsourcing untuk pengangkutan. Sistem komunikasi satelit yang memungkinkan informasi dibagi antara toko, pusat distribusi dan pemasok. Sistem mengabungkan pesanan barang sehingga memungkinkan perusahaan membeli barang satu truk penuh tanpa menanggung biaya persediaan. Pemesanan dan pengangkutan yang berulang kali dan tidak optimal memakan biaya yang besar. Manajemen operasi toko yang baik dan efisien mau pun dari segi pemasok, persediaan, lokasi toko dan pusat distribusi, pengangkutan dan distribusi, memberikan keunggulan biaya pada perusahaan ini. Dengan biaya yang rendah, Wal-Mart dapat menerapkan strategi harga rendahnya. 

2.  Sistem pengendalian wal-mart dalam membantu menjalankan strategi perusahaan?

Sistem pengendalian yang diterapkan Wal-Mart membantu implementasi strategi dengan merencanakan apa yang harus dilakukan, mengkoordinasi aktivitas, mengkomunikasi informasi, mengevaluasi informasi, mengambil tindakan dan mempengaruhi orang untuk keselarasan tujuan antara lain adalah:
a)   Kebijakan kompensasi Wal-Mart diadakan agar karyawannya termotivasi dan kreatif serta timbulnya keselarasan tujuan. Contoh program kompensasi antara lain : pembagian profit bagi karyawan yang bekerja lebih dari 1 tahun dan lebih dari 1.000 jam dalam 1 tahun, bonus insentif, rencana pembelian saham dengan diskon, promosi, gaji berdasarkan kinerja bukan senioritas dan kebijakan pintu terbuka. Dengan adanya program penghargaan akan mendorong karyawan untuk bekerja lebih keras untuk mengimplementasikan strategi. 
b)      Pelatihan sikap karyawannya. Hal ini agar bisa memberi layanan yang baik kepada pelanggan. Adanya penyapa pelanggan yang datang ke Wal-Mart berperan dalam mengurangi tingkat pencurian. Kebijakan “sikap 10 kaki” yaitu jika ada konsumen yang berjarak di dalam 10 kaki darinya maka karyawan harus menatapnya, menyapa dan melayani konsumen tersebut. 
c)      Kebijakan pembagian 50% penghematan akibat penurunan pencurian kepada karyawan toko melalui rencana insentif toko
Demikian ulasan Wal-Mart Stores Inc.

Related Posts

Wal-Mart Stores Inc.
4/ 5
Oleh