AMANAH FOOD'S => menyediakan Abon Sapi Original dgn kemasan pack super (Kedap Udara) NET: 100gr, 50gr dan Menyediakan Bawang Goreng kemasan NET: 175gr >> Pemesan via Whatsapp Toko / Free ongkir hingga Rp15.000,- (Beli min.5 products) / OPEN RESELLER dan DROPSHIP [Klik Gambar diatas!]

Sahabat Sejati



sahabat, bagaimana cara mengaplikasikan hal itu di dunia ini, pasti ada yang galau dengan keadaan yang berbeda mengenai sifat dan budaya didaerah jika anda sedang berkunjung kesuatu daerah.
sahabat bisa diartikan kelompok sosial. apa artinya ?
Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggota di dalamnya.
Hal-hal yang membuat individu ingin memiliki rasa di akui dalam kelompoknya, antara lain :

a)      Status dan harga diri.
Seseorang yang bergabung dalam kelompok untuk meningkatkan status atau harga dirinya. Dengan bergabung dalam kelompok tersebut maka anggota-anggotanya akan merasa harga diri dan statusnya menjadi semakin tinggi di masyarakat atau teman-temnnya, meskipun belum tentu masyarakat menilainya seperti itu.

b)      Rasa aman.
Dengan bergabung dalam kelompok yang kuat setiap individu beranggapan bahwa ia akan merasa aman karena tidak sendirian lagi dalam menggapai harapan. Dengan adanya rasa aman ini maka orang akan dapat lebih aktif dan kreatif dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu, baik tujuan individu maupun tujuan kelompoknya.

c)      Interaksi dan afiliasi.
individu yang bergabung dalam kelompok untuk memenuhi salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar yaitu sosialisasi dan afiliasi. Manusia tidak akan merasa nyaman jika hidup sendirian, walaupun kebutuhan yang lain sudah terpenuhi. Manusia membutuhkan teman untuk berbicara, berdiskusi, berbagi baik kebahagiaan, masalah kehidupan maupun penderitaan. Setiap manusia membutuh teman untuk didengar pendapat, harapan dan cita-citanya, ia membutuhkan kelompok yang akan terus memotivasi dirinya.

d)     Kekuatan.
Dengan memiliki kelompok maka seseorang akan merasa kekuatannya untuk meraih impian dan harapannya semakin kuat. Hal ini disebabkan karna ia merasa tidak sendirian. Ia bisa berbagi, bisa meminta pendapat, nasihat, bahkan meminta tolong kepada anggota yang lain dengan masalah yang ia hadapi saat itu.

e)      Pencapaian tujuan.
Membagi tugas di dalam kelompok, tujuan akan lebih mudah dicapai dibanding bila sendirian. Seperti pada kelompok organisasi perusahaan, DPR, atau organisasi koperasi. Dengan bekerjasama, gotong royong, saling membantu, saling mendukung, saling menguatkan, tentu tujuan akan lebih mudah diraih dibanding bila dengan berfikir, bersikapm berpikir bersama dan mengevaluasi setiap kejadian yang dapa mempercepat tujuan kelompok tercapai.

f)       Kekuasaan.
Bergabung dalam kelompok maka seseorang berkesempatan untuk mempengaruhi orang lain. Kelompok memberi kekuasaan tanpa wewenang formal dari organisasi. Bagi orang yang memiliki kebutuhan akan kekuasaan, kelompok merupakan wadah untuk pemenuhannya. 


Baca juga artikel tentang >> Fungsi Keluarga dalam kehidupan

Related Posts

Sahabat Sejati
4/ 5
Oleh