Prilaku dalam organisasi



Prilaku Dalam Organisasi

Prilaku organisasi adalah bidang studi yang mempelajari pengaruh yang dimiliki oleh setiap individu, kelompok, dan struktur terhadap prilaku dalam organisas yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas. Tujuan sebuah organisasi ditentukan oleh Manajer (CEO) dengan mempertimbangkan nasihat yang diberikan para senior lainnya dan biasanya di ratifikasi oleh dewan direktur
Secara umum, prilaku organisasi dipengaruhi oleh beberapa hal berikut :
1.      Keselarasan Tujuan
2.      Faktor Informal
3.      Sistem Pengendalian Informal
4.      Tipe Organisasi
5.      Fungsi Kontroler


Deskripsi dari pengertian diatas sebagai berikut :

Keselarasan Tujuan

Tindakan seseorang yang menurut persepsinya untuk kepentingan dirinya dan sekaligus untuk kepentingan organisasinya. tujuan utama SPM memastikan keterpaduan semaksimal mungkin antara tujuan individu dengan ujuan organisasi. Sebuah system yang memadai, setidaknya akan mampu memotivasi para individu yang terkait untuk tidak mempertentangkan upaya mereka dengan kepentingan organisasi.

Faktor Informal

faktor informal yang menyangkut pengendalian prilaku dan organisasi bisa dilihat dari baik system formal maupun proses informal memberikan pengaruh pada prilaku manusia dalam organisasi. Perancang system pengendalian hendaknya juga memperhatikan etos kerja, gaya manajemen dan budaya yang melingkupinya.Agar tujuan organisasi berjalan efektif, mekanisme formal harus berjalan seiring dengan mekanisme informal.

Sistem Pengendalian informal

Sistem pengendalian manajemen terkait aturan-aturan sebagai perangkat tulisan yang memuat semua jenis instruksi dan pengendalian dalam bentuk peringatan (instruksi), pembagian kerja, prosedur standar operasi, manual dan tuntutan etis (prilaku).
Tipe aturan senabagai pengendalian didalam organisasi dan prilaku individu di dalamnya = pengendalian fisik (manual), pengamanan system, system pengendalian tugas.

Bagan Proses pengendalian secara Formal

Tipe Organisasi

Strategi perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi, yang juga di pengaruhi oleh struktur organisasinya, terkait dengan 3 tipe struktur organisasi secra umum dan Fungsi Kontroler yang mempengaruhi efektivitas organisasi
Tiga tipe struktur organisasi secra umum:
  • Struktur Fungsional
  • Struktur unit bisnis
  • Struktur Matriks (Sifatnya organisasi sementara).

Fungsi Kontroler

  • Merancang dan melaksanakan sistem Penegndalian dan sistem informasi
  • Menyususn laporan keuangan dan pelaporan keuangan
  • Menyusun dan menganalisis laporan kinerja dan membantu manajer
  • Menyupervisi audit internal dalam prosedur pengendalian akuntansi
  • Mengembangkan personel organisasi controller dan partisipasi dalam pendidikan manajemen.
demikian yang bisa saya sampaikan kepada pembaca, bila ada yang kurang jelas, bisa ditambahkan di kolom komentar.


Related Posts

Prilaku dalam organisasi
4/ 5
Oleh