Cara Lolos Kartu Prakerja dengan Insentif Rp3.550.000 rupiah [ LENGKAP ]

Apakah anda sudah mendaftar kartu prakerja gelombang 12 sampai 16 dan sampai saat ini dinyatakan gagal? Atau anda baru saja akan mendaftarkan diri untuk mengikuti gelombang selanjutnya. Jika ya, Kami akan memberikan sedikit informasi “Bagaimana Cara Lolos Kartu Prakerja dengan Insentif Rp3.550.000 rupiah” dalam artikel kali ini kita akan membahas Cara mendaftar Kartu prakerja, cara menyambungkan ke rekening Ovo Primer  untuk menerima insentif prakerja sebesar Rp2.550.000,- rupiah dan cara melakukan pembayaran program pelatihan dengan 16 Nomor Kartu Prakerja (point 1 s/d point 5) yg akan dibahas sebagai berikut.

Sulitnya cari kerja di masa pandemi, membuat sebagian orang untuk cari kerja sampingan. cari kerjaan saat ini tidak perlu lagi menggunakan amplop cokelat datang ke perusahaan. Cara seperti ini sudah sangat Kuno di tahun 2021. Sudah banyak aplikasi pencari kerja seperti Topkarir.com dan Jobs.DB memberikan peluang bagi pelamar kerja untuk mendaftar secara online.

Selain itu internet juga menawarkan Anda untuk cari kerjaan sampingan tanpa perlu risau/Galau dengan tunjangan hari raya /THR yg tidak anda dapat ditahun 2021 karena terkena hubungan pemutusan Kerja (PHK). Besarnya Gelombang PHK membuat Pemerintah Indonesia berfikir keras memfasilitasi Usia angkatan kerja tahun ini untuk dapat membantu pemulihan Ekonomi dimasa pandemi. Salah satunya dengan memberikan fasilitas Kartu Prakerja bagi yg berminat. Setelah pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 16 ditutup pada hari Minggu, tgl.28/03/2021 - saat ini sudah banyak masyarakat  yg mencari informasi mengenai jadwal pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17.

Besarnya Insentif yg diberikan Pemerintah Indonesia untuk Peserta Kartu Prakerja sebesar Rp3.550.000 rupiah yg dibagi menjadi 3 bagian, terdiri dari :

  • Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta rupiah
  • Insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600.000 per bulan
    (selama 4 bulan sebesar Rp 2,4 juta rupiah)
  • Insentif pengisian survey evaluasi sebesar Rp50.000 per survey
    (untuk 3 kali survey sebesar Rp150.000 rupiah)

Bagi anda yg berminat untuk mendaftar Kartu Prakerja ikuti langkah - langkahnya dibawah ini :

1. Cara Daftar Kartu Prakerja

-Buka website prakerja Resmi di : https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

-Masukan alamat email dan buat Kata sandi yg mudah di ingat.

- Verifikasi E-mail (Buka email anda dan Verifikasi)

-Lengkapi data NIK dan Nomor KK sesuai data Dukcapil

-Masukan nomor Hp (Verifikasi dgn kode OTP yg dikirim melalui SMS)

-Pilih minat yg anda inginkan

-Jawab pertanyaan yg telah disediakan

***Selesai. Tunggu pembukaan Gelombang Pendaftaran Nasional

 

2. Daftar Gelombang XX  Kartu Prakerja

Cari informasi melalui internet atau ikuti infonya di instagram @prakerja.go.id (Centang biru).

Setelah ada kepastian gelombang pendaftaran kartu prakerja Nasional dibuka. Masuk ke halaman Dashboard kartu prakerja anda dan pilih ikuti dengan cara klik "GABUNG GELOMBANG" (*contoh lihat gambar)

Kemudian tunggu hasil. Apakah anda dinyatakan Lolos atau Gagal menerima insentif. Adapun pendaftaran Kartu Prakerja baru dinyatakan lolos (setelah 5 kali Gagal/Tidak lolos seleksi), seperti dibawah ini :


3. Dinyatakan Lolos Menerima Kartu Prakerja

Setelah anda dinyatakan lolos, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS dan E-mail yg telah terdaftar untuk seleksi penerima bantuan Kartu Prakerja.

- Login ke Dashboard Kartu Prakerja. Sebelumnya anda diwajibkan untuk menonton 3 Video Kartu Prakerja agar mengetahui manfaat dan fasilitas yg bisa diperoleh dari program pemerintah ini

-Setelah selesai menonton 3 Video Kartu Parakerja, Anda dapat melihat 16 Nomor Kartu Prakerja Anda dan besarnya insentif  Rp 1 juta rupiah untuk membeli pelatihan pada menu Dashboard

-Anda juga diwajibkan untuk membeli pelatihan dengan saldo yg tersedia selama 30 hari. atau Akun Kartu Prakerja Anda akan di Non-aktifkan bila dalam 30 hari tidak ada transaksi pembelian Pelatihan

-Untuk menerima insentif Rp2,4 Juta rupiah, Anda diwajibkan menyambungkan ke Rekening yg telah disediakan


4. Menyambungkan Rekening pencairan Insentif ke OVO

Bagi anda yg telah dinyatakan berhasil, anda dapat segera menyambungkan Rekening ke OVO untuk pencairan insentif. Pasalnya ini hal wajib yg harus anda lakukan, tanpa terkecuali.

a). Download Aplikasi OVO 

Buka Playstore pengguna Android/Appstore pengguna Iphone

Setelah didownload dan install,

-Izinkan Ovo Akses camera ponsel

-izinkan Ovo Akses Storage/Penyimpanan ponsel

 

b). Upgrade ke Ovo Primer

-Siapkan e-KTP. klik Upgrade ke OVO Premier

-Foto e-KTP dan lakukan Foto Selfie

Tunggu selama 1x24 jam. Dan cek email anda pada hari berikutnya

 

c). Sambungkan Rekening pencairan insentif kartu Prakerja

Setelah 1x24 jam dan dinyatakan sudah terUpgrade Ovo Primer, selanjutnya "Sambungkan" yg berfungsi sebagai Rekening pencairan insentif kartu Prakerja. Buka Dashboard Kartu prakerja (masukan e-mail dan password)

Lihat gambar dibawah ini, pilih OVO------> klik Sambungkan

Jika berhasil menyambungkan Kartu Prakerja ke Rekening OVO, tampilan notif berhasil sebagai berikut ini,



5. Pilih Program Pelatihan dan Bayar dengan Saldo Kartu Prakerja

Setelah tersambung, Anda bisa memilih Program pelatihan seperti contoh dibawah ini,

a). Memilih program pelatihan

pada menu Dashboard, Anda dapat memilih program pelatihan yg telah disediakan dari lembaga sesuai ketentuan dari Pemerintah penyedia layanan Kartu Prakerja. Seperti contoh dibawah ini,


b). Melakukan pembayaran dengan 16 Nomor kartu Prakerja

Setelah anda memilih program belajar sesuai minat, langkah selanjutnya anda harus melakukan pembayaran dengan saldo kartu prakerja yg telah tersedia. Sebagai contoh, Anda membeli program pelatihan TOKOPEDIA, penyedia program dari PAKAR, judul Program "Meraih Omzet Rp10 Juta pertama dari Marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dll) seharga Rp300.000 rupiah, sebagai berikut :

- Klik beli, Kemudian masukan 16 Nomor Kartu Prakerja anda, untuk membayar program pelatihan

- Lalu Anda akan diminta memasukan kode OTP yg dikirim melalui SMS untuk pembayaran pelatihan.

Setelah dinyatakan sukses ----> anda dapat mengikuti "Program Pelatihan" hingga selesai dan mendapatkan "Sertifikat" yg bisa dicetak dalam bentuk PDF. Pastikan Nama Anda sesuai dengan Identitas data diri.

Tentunya bagi Anda yg belum lolos pendaftaran Kartu Prakerja, coba lagi dan pastikan kembali jika Nomor HP dan e-mail yg didaftarkan melalui Akun Prakerja anda sudah terverifikasi.


Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi update artikel terbaru bisa anda cek (klik Update artikel lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Artikel pilihan penulis:

  1. Internet sebagai Mesin penghasil uang = Pembayaran kedua Google Adsense 
  2. Cara Kirim Uang di Alfamart dengan True - MONEY tanpa rekening Bank
  3. Tutorial: Cara cepat Menambah Instagram Followers bisnis
  4. Cek saldo Rekening di ATM Bersama - tarif transaksinya bikin kaget!
  5. Klaim pencairan Dana BPJS Tenaga Kerja makin cepat lewat Antrian online

Related Posts

Cara Lolos Kartu Prakerja dengan Insentif Rp3.550.000 rupiah [ LENGKAP ]
4/ 5
Oleh