7 Alasan Kenapa Belanja Online lebih disukai Pembeli atau Pelanggan



Pertumbuhan toko online di indonesia  semakin baik di tahun 2019. Hal ini di dasari dengan pertumbuhan minat masyarakat indonesia untuk merasakan kemudahan belanja online. Setidaknya ada 7 alasan kenapa belanja online lebih disukai manusia modern. Bagi anda yg belum pernah sama sekali belanja online, mungkin alasan berikut dapat membuat Anda geleng-geleng kepala. Alasan pertama yg membuat saya mau belanja online karena toko tersebut sudah terpercaya. Ada banyak transaksi ditoko online dengan ulasan rating bintang 5 dan komentar positif. Kedua, navigasi yang mudah digunakan dan banyak pilihan pembayaran. Untuk bertransaksi ditoko online tak perlu cemas jika anda tidak memiliki nomer rekening bank, karena anda bisa bayar melalui indomaret dan alfamart yang ada diseluruh indonesia. Ketiga, jasa pengiriman bisa diatur sendiri, mau pilih yang 1 hari langsung sampai dengan memakai jasa Gojek, Grab atau jasa pengirim 3 - 5 hari baru sampai alamat Anda dengan memakai jasa J&T, JNE, siCepat atau Pos Indonesia yg mampu menjangkau hingga plosok perkampungan, jika posisi anda diluar Jabodetabek.


Pertumbuhan toko online di indonesia diprediksi mencapai Rp910 triliun pada tahun 2020 menurut McKinsey Company. Pertumbuhan industri perdagangan digital (e-commerce) di Indonesia semakin menjanjikan di 2019. McKinsey Company (perusahaan konsultan manajemen multinasional) memprediksi, jika pertumbuhan belanja e-commerce di Tanah Air bisa meningkat delapan kali lipat, dari US$ 8 miliar pada 2017 menjadi US$ 55 miliar hingga US$ 65 miliar (sekitar Rp 910 triliun) pada tahun 2020. McKinsey juga memprediksi penetrasi belanja online masyarakat Indonesia juga akan meningkat menjadi 83% dari total pengguna internet, atau naik sekitar 9% dibanding penetrasi belanja online di tahun 2017. Sumber : CnbcIndonesia


Namun sebelum bisa belanja ditoko online, ada hal-hal yg harus diperhatikan. Syarat pertama anda harus punya akun/user ditoko online untuk bertransaksi. Isi data diri & data Rekening bank (jika ada). Syarat kedua, Verifikasi nomer smartphone atau HP dan email anda. Hal ini untuk mempermudah sistem membaca transaksi pengguna, bahwa transaksi dilakukan oleh user bukan robot / order fiktif. Selanjutnya mulai belanja ditoko online dengan produk yg anda minati.

7 Alasan Kenapa Belanja online lebih disukai Manusia modern

1. Praktis dan Mudah

Pembeli tak perlu harus datang ketempat belanja, dengan melewati macetnya lalu lintas ibukota jakarta, atau kota-kota lainnya. Tak bisa dihindari tinggal disebuah kota dengan penduduk yg majemuk, setiap orang harus berjuang melawan macet. Belum lagi mengantri di kasir dan harus membawa uang tunai.
Dengan belanja online, pembeli hanya menggunakan smartphone kesayangan dan koneksi internet sudah dapat menikmati belanja online dari tempat kerja, di kendaraan umum, di rumah atau di caffe nongkrong dengan teman-teman sambil mengakses toko online dengan jaringan wifi. Tapi hati-hati jika memakai jaringan WIFI. Usahakan jaringan tersebut aman dan dilengkapi kata sandi (pengaman/password) dalam menggunakannya.


Jika anda mengakses m-banking, mohon segera tutup aplikasi setelah selesai digunakan. Hal ini untuk menghindari hack kata sandi dan nomer rekening jika memakai jaringan Wifi di lokasi publik.

2. Sistem Keamanan Toko Online

Sistem pembayaran ditoko online di jamin aman dan nyaman bagi pengguna baru, walaupun sebelumnya anda belum pernah memakai toko online untuk kebutuhan anda. Bertransaksilah ditoko yang sudah memiliki banyak transaksi dan sudah sangat terpercaya di indonesia. Toko online dengan system keamanan yg canggih digunakan untuk tujuan memberikan rasa percaya dan menjaga pelanggan agar tetap memakai jasanya. Ada 6 toko online (e-commerce) di indonesia yg saya rekomendasi untuk Anda yaitu, TOKOPEDIA, BUKALAPAK, LAZADA, SHOPPE, JD.Id dan BLI-BLI. pengunjung di 6 toko online (e-commerce) terbesar di indonesia per hari dapat mencapai 10 juta user.
Bagaimana sistem keamanan toko online (e-commerce) dapat terbentuk? Jika anda pernah memakai jasa Gojek dalam memesan makanan (Go-Food), maka anda sudah mendapatkan gambaran dari sistem 6 toko online (e-commerce) yg saya sebutkan diatas. Contoh: Jika anda memakai pilihan pembayaran Transfer bank untuk membayar Produk ditoko online, Pembayaran anda akan tertahan pada sistem toko online. Untuk bagan alur pemrosesan toko online dapat anda lihat dibawah ini,


Kemudian pemilik toko/Penjual akan segera mengirimkan produk atau barang yg anda pesan melalui toko online (e-commerce). Setelah barang dikirim melalui jasa pengirim: J&T, JNE, sicepat atau Pos Indonesia, maka penjual WAJIB memasukan Nomer resi produk yg dikirim ke alamat anda pada sistem proses produk ke penerima.
Selanjutnya, kurir akan mengirimkan produk ke alamat anda. Setelah sampai anda harus memVerifikasi melalaui system toko online jika produk yang Anda pesan sudah sampai tanpa cacat. Ketika anda memverifikasi, maka secara otomatis dana yg anda kirim via transfer bank, akan cair ke penjual secara system e-commerce. Biasanya Toko online akan meminta rating + komentar Anda sebagai pembeli. Hal ini untuk meningkatkan mutu kepercayaan calon pembeli berikutnya.

3.Banyak Promo dan Cashback

Seiring berjalan waktu, banyak penjual yg memilih memasarkan produknya di market place atau toko online. Selain gratis karena tidak perlu membayar sewa toko atau domain & hosting, memasarkan produknya di market place bisa menjangkau lebih banyak konsumen se-Dunia melalui internet. toko online juga memberikan banyak promo dan cahback untuk menarik calon pembeli ke toko online mereka. beragam promo dan cashbcak yang ditawarkan toko online dengan membedakan pilihan produk bagi calon pelanggan, diantaranya: Fashion, Kosmetik, Gadget, kebutuhan rumah tangga, Elektronik dan Pilihan Aksesoris lainnya. Alasan inilah yg membuat toko online semakin tumbuh di indonesia.


Jenis promo yang biasa ditawarkan market place atau toko online juga sangat beragam mulai dari: Diskon/Potongan harga dengan minimal belanja Rp200.000, Poin reward yang bisa ditukarkan dengan produk lain, Promo Cashback 5-10% Pembayaran memakai OVO, DANA dan GOPAY,  Voucher Belanja di toko online premium (berbayar), Promo Grosir beli 5 gratis 1 produk kosmetik, hingga GRATIS ONGKIR seluruh indonesia yg sering diadakan Market place Shoppe.

4. Memiliki banyak produk terbaru sampai Produk langka

Apakah anda pernah mendatangi pusat belanja untuk membeli baju atau celana jeans model terbaru, namun tidak menemukan produk yang anda cari. Atau anda sudah menemukan produk yg anda cari, namun warna dan ukurannya tidak cocok dengan pilihan anda!
Melawan macet, butuh biaya transportasi, butuh uang minum atau makan pastinya karena lelah berputar-putar dipusat belanja. Toko konvensional memang sering tidak memiliki produk terbaru yg sedang anda cari. Menurut pengalaman saya toko konvensional akan membeli dalam jumlah banyak dan menumpuk persediaan mereka di Gudang.
Jika persediaan barang dalam gudang dirasa belum habis, maka toko konvensional tidak akan membeli lagi, karena Modal yg tertahan pada saat pembelian produk bulan lalu. Jika anda adalah seorang Mahasiswa dari jurusan akuntansi, pasti mengenal Metode Persediaan Gudang LIFO (Last in First Out) dan FIFO (First in First out).


Dengan berbelanja ditoko online/Market place Anda akan sangat mudah lompat dari toko satu ke toko lainnya hanya dengan smartphone kesayangan anda. Mencari produk Fashion, Gadget, kebutuhan rumah tangga, Elektronik dan Pilihan Aksesoris lainnya dengan model terbaru atau mencari dengan model paling kuno atau barang antik yg nilai jualnya menurut saya sangat funtastis. Karena ketersediaan dipasar sudah sangat langka.


Untuk bisa membeli Motor tua tahun 1936 anda perlu merogoh saku anda dalam-dalam. Jika saku anda belum cukup dalam, anda perlu merogoh rekening bank anda dalam-dalam. Namun jangan sampai Hobi anda mengoleksi benda kuno membuat masa depan anda menjadi suram.

5. Harga dapat dibandingkan

Selain toko konvensional sering tidak memiliki produk terbaru yg sedang anda cari. Menurut pengalaman saya toko konvensional akan sangat sulit untuk membandingkan harga produk sebenarnya. Penjual toko konvensional bisa menaikan harga produk dari harga sebenarnya dikisaran Rp10.000 samapai Rp25.000 untuk produk Fashion. Hal ini disebabkan karena toko konvensional membutuhkan biaya untuk menyewa toko, membayar karyawan, pajak, listrik dan biaya distribusi barang sampai ke toko yg dibebankan pada pelanggan/End user.


Jika anda menggunakan toko online anda hanya perlu swipe (Geser) dari 1 toko ke toko lainnya, tanpa harus mobilisasi menggunakan layanan transportasi. Bandingkan harga produk yg ingin anda beli dengan memperhatikan penawaran promo dan cashback di setiap toko online, sehingga Anda akan mendapatkan produk yg sama dengan kualitas yg sama dengan harga terbaik.

6. Banyak Pilihan pembayaran

Untuk bertransaksi ditoko online tak perlu cemas jika anda tidak memiliki nomer rekening bank, karena anda bisa membayar produk yg anda pesan melalui indomaret dan alfamart yang ada diseluruh indonesia.


Selain itu ada Promo Cashback 5-10% Pembayaran memakai OVO, DANA dan GOPAY. Untuk bisa menggunakan promo ini anda harus mendaftarkan akun yg akan dipakai dalam bertransaksi online. Ada juga layanan pembayaran produk toko online dengan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit sangat menyenangkan, karena ada potongan harga yg dijamin dari pihak bank, yang pembayarannya akan ditagihkan setiap awal bulan. Kartu kredit biasa disebut kartu utang, karena transaksi akan langsung berhasil dengan catatan bahwa transaksi anda masih berada dibatas Limit (batas saldo penggunaan maksimal) yg telah ditetapkan pihak bank.

7. Pilihan jasa Kurir

Hal terakhir yg menjadi pembahasan kita kali ini mengenai alasan kenapa belanja online lebih disukai manusia modern karena pilihan jasa Kurir. Ada banyak jasa kurir di indonesia yg bisa anda pilih untuk menjamin produk yg Anda pesan melalui toko online / e-commerce sampai tepat waktu. Jika anda berada di jabodetabek, dan anda segera membutuhkan produk tersebut, Anda dapat memilih jasa Gojek atau Grab dengan jasa pengiriman 1 hari langsung sampai ke alamat tujuan. Umumnya produk yg memakai jasa pengiriman 1 hari sampai seperti: kosmetik, obat-obatan dan makanan.


Namun, jika anda memilih jasa dengan asuransi produk yg aman sampai ke tujuan, Anda dapat memilih jasa berikut, dengan waktu pengiriman 3 - 5 hari sampai, dengan menggunakan jasa J&T, JNE, sicepat atau Pos Indonesia yg mampu menjangkau hingga plosok perkampungan wilayah indonesia. jika posisi anda diluar Jabodetabek, Harga dan tarif yg ditawarkan mengikuti kebijakan dan layanan masing-masing jasa kurir tergantung jarak pembeli dan penjual. Dalam satuan kode wilayah (kode pos) dan Estimasi berat produk dalam satuan per kilogram setiap jasa pengiriman.

Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi artikel terbaru bisa anda cek (klik Update artikel lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Artikel pilihan Penulis:


Related Posts

7 Alasan Kenapa Belanja Online lebih disukai Pembeli atau Pelanggan
4/ 5
Oleh