contoh surat permohonan bisa magang diKantor Akuntan Publik



Sudah semester akhir kuliah bingung belum dapat tempat magang? Apakah ada yang salah dengan surat permohonan anda, atau ada kesalahan lainnya. Surat lamaran kerja berbeda dengan surat permohonan magang. Meskipun dalam praktiknya anda sama-sama bekerja disebuah instansi. Contoh surat lamaran kerja tulis tangan akan lebih diprioritaskan akan diterima bekerja, apakah sama dengan halnya surat permohonan magang  yang di print? Begitulah beberapa pertanyaan yang sering muncul ketika membahas surat permohonan magang.
Secara umum format penyusunan Surat permohonan sama, hanya saja nama instansi, alamat instansi dan nomer teleponnya akan berbeda, dan jelaskan niat anda ingin praktik/magang di instansi tersebut. yang terpenting adalah detail cara anda dalam menyusun surat magang. jangan sampai salah nama instansi atau salah ketik. kata-kata dalam surat lamaran anda akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri untuk instansi dapat/bisa menerima anda.
Sebagai seorang mahasiswa pastilah dituntut bagaimana pengetahuan anda secara teori-teori buku program studi untuk mengaplikasikan secara baik dan benar kedalam dunia kerja. profesi magang belakangan ini sangat banyak dipublikasi ke media elektronik melalui internet atau sosial media untuk menarik simpati mahasiswa/i yang ingin melakukan praktik kerja atau magang disebuah instansi. jika anda menemukan lowongan magang di media cetak atau surat kabar. berhati-hatilah, jika dalam kolom iklan tidak menyebutkan alamat intansi dan nomer telepon.

Jika anda menemukan artikel yang kami beri contoh surat permohonan bisa magang di kantor akuntan publik, kami berkesimpulan bahwa anda sedang mencari-cari referensi cara membuat surat lamaran permohonan untuk magang. bagi seorang mahasiswa menjadi sangat deg-degan ketika memasuki semester akhir (semester 7 dan 8); fase ini adalah fase yang kami anggap benar-benar krusial atau sangat bahaya bila anda belum menemukan secara detail bagaimana membuat Surat Permohonan Magang dengan detail baik. mengapa harus detail?

Sebelum mencari tahu, bagaimana cara membuat Surat permohonan magang dengan detail baik, saya ingin mengajak anda berfikir sejenak. loh... koq mau bikin surat aja kok diajak mikir to? coba simak terlebih dahulu penjelasannya  di bawah ini.
Magang adalah suatu kegiatan kerja yang diadakan diperusahaan atau instansi tertentu, baik itu di instansi swasta atau di instansi pemerintahan/BUMN. Bagi mahasiswa akuntansi di Perguruan tinggi, secara umum mahasiswa akuntansi memiliki 4 Konsentrasi yang bisa dipilih saat berada di semester 7, konsentrasi tersebut yaitu : Perpajakan, Keuangan, Pemerintahan Daerah atau Audit. konsentrasi ini dibuat untuk menyesuaikan minat dan bakat setiap mahasiswa/i diperguruan tinggi.
sudah pasti jika beda konsentrasi, berbeda pula cara penulisan suratnya. Teman kami di semester 7 mengambil konsentrasi audit. meski nilai mata kuliah konsentrai Audit kurang baik, tapi membuatnya semakin ingin tahu (penasaran) dengan proses audit dalam praktik dunia kerja nyata.
Tujuan dari praktik kerja atau magang adalah sebagai wadah mahasiswa dalam proses melatih keahlian (Skill) di Dunia kerja. padahal proses praktik didunia kerja berbalik 360 derajat ketika bila dibandingkan berada pada bangku kuliah Universitas. ibarat  kuliner, teori semasa kuliah adalah makanan pembuka, hanya yang ringan-ringan saja. sedangkan saat anda praktik kerja atau magang ibarat makanan utama (main course).
bukan kami menakut-nakuti atau membuat nyali pembaca web ciut dengan mengatakan ini, justru sebaliknya harusnya anda merasa tertantang dengan materi ini. jangan sampai anda tidak siap mental, tidak siap budget (uang saku) dan tidak siap kemampuan akan melakukan praktik atau kerja magang. bukankah selama kuliah anda bermimpi atau bercita-cita menjadi orang yang sukses?
Disinilah kesempatan anda, gunakan waktu sebaik mungkin. dengarkan semua arahan dari instruktur atau senior ditempat pelatihan atau magang anda diterima magang. kerjakan dengan serius dan penuh tanggung jawab.
Namun, balik lagi ke judul artikel, bagaimana membuat Surat Permohonan bisa Magang di kantor akuntan publik dengan detail baik, agar anda dapat langsung diterima di instansi yang telah anda pikirkan baik-baik sebelum mengambil keputusan untuk mengirimkan permohonan magang ke instansi tersebut. kami hanya memberikan contoh surat permohonan Magang di kantor akuntan publik. untuk instansi lain, silahkan anda kembangkan sendiri.

Berikut ini contoh Surat Magang di KAP Haryanto Sahari:

Sebaiknya telepon terlebih dahulu nomer instansi tempat tujuan anda praktik/magang. hal ini penting, jika anda mengirimkan surat permohonan magang melalui e-mail. terkadang e-mail yang ada dalam website tidak valid atau sudah lama mati. Kami sendiri sebagai mahasiswa pernah mengalami 2 minggu tanpa panggilan setelah mengirim surat lamaran Permohonan Magang melalui e-mail.

Untuk cara membuat CV yang baik, baca disini: Membuat CV dengan Design Profesional

Maka dari itu, penting bagi anda untuk menghubungi terlebih dahulu. mintalah alamat e-mail yang valid, agar anda dapat segera menerima konfirmasi, sebagai berikut:
1). Apakah lamaran anda diterima atau tidak (jika ditolak, segera cari instansi lain).
2). Tanyakan kapan anda bisa mulai praktik kerja/magang setelah lamaran anda diterima.
3). Apakah data informasi yang anda kerjakan dalam instansi selama magang boleh disalin (Copy).
4). Minta soft copi atau file pekerjaan selama praktik/magang (untuk dijadikan bahan laporan tugas akhir atau Skripsi).
Perlu anda ingat dengan baik, anda memang berniat mencari pengalaman dan ilmu pengetahuan baru di dunia pekerjaan dalam hal praktik magang. tetapi perlu digaris bawahi, bahwa anda harus memiliki sumber data dari yang sudah anda jalani selama praktik/magang, sebagai bahan Tugas akhir atau Skripsi untuk penunjang data Laporan Skripsi.

Sekali lagi kami ingatkan, gunakan waktu sebaik mungkin. dengarkan semua arahan dari instruktur atau senior ditempat pelatihan atau magang anda diterima. kerjakan dengan serius dan penuh tanggung jawab. Bila kerjaan anda baik dan memuaskan pihak instansi, tidak ada salahnya anda mengirim lamaran kerja ke instansi ini lagi. Karena besar kemungkinan anda diterima bekerja disana. Selamat meraih masa depan sebagai akuntan!

Baca juga: share Pengalaman Magang di KAP/Kantor Akuntan Publik


Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi terbaru bisa anda cek (kilk update artikel terbaru) lainnya dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halaman website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Related Posts

contoh surat permohonan bisa magang diKantor Akuntan Publik
4/ 5
Oleh