SA 600 Penggunaan pekerjaan lain



Penggunaan pekerjaan lain Auditor terkait standar audit 600 (SA 600) bisa di artikan sebagai konsultan termasuk juga penasihat hukum yang ditugasi sebagai spesialis dalam situasi selain dalam penyediaan jasa kepada klien. Keputusan Untuk Menggunakan Pekerjaan lain dari auditor memungkinkan ia menguasai atau memahami hal-hal bisnis secara umum, tetapi ia tidak diharapkan memiliki keahlian sebagai seorang yang terlatih atau memenuhi syarat untuk melaksanakan praktik profesi atau pekerjaan lain. Dalam hal ini adalah Internal audit perusahaan itu sendiri.
Fungsi dan tugas internal audit didalam sebuah perusahaan adalah memastikan semua operasional perusahaan sudah berjalan sesuai dengan standar & prosedur perusahaan untuk menjamin efisiensi dan efektivitas perusahaan dan mencegah Fraud (Kecurangan). Namun seorang internal Audit peusahaan tidak Layak untuk memberikan pendapatnya atas sebuah laporan keuangan yang ia Awasi/Control.
Hal ini terkait Independensi dan Integritas Akuntan Publik/Auditor Eksternal, tidak boleh memiliki hubungan apa pun kepada klien sebagai pemberi jasa audit, selain hubungan Perikatan audit. Yang didalamnya tertuang hak-hak sebagai pemberi jasa keuangan (Konsultan di luar perusahaan) dan kewajiban perusahaan dalam memberikan Fee (Biaya/Ongkos Konsultan Audit) dengan segala Komplektisitas perusahaan yg terikat dan disetujui kedua belah pihak, antara Akuntan Publik dan manajemen perusahaan. Namun sebelum memulai, auditor eksternal harus memahami Prinsip-prinsip penggunaan pekerjaan lain, sesuai dengan standar audit 600.


Bagi anda mahasiswa Akuntansi yang sedang mecari Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) 2015 terbaru, berikut ini adalah Standar audit tentang prinsip umum dan tanggung jawab seoarang auditor. Sudah dijelaskan diatas mengenai arti standart. Untuk lebih jelasnya silahkan baca SPAP terbaru, yang saya kutip dari Buku karangan Al.Haryono Jusup (terbitan 2014, penerbit : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) oleh Theodorus.M dan Tuanakotta (terbitan 2015, penerbit : Salemba Empat). sebagai berikut:

Penggunaan Pekerjaan Pihak Lain (SA.600 s/d SA.620)

SA 600 : Pertimbangan Khusus – Audit atas Laporan Keuangan Grup (Termasuk Pekerjaan Auditor Komponen)
Dalam International standar audit 600 tidak relevan dengan entitas kecil dan menengah (yang menjadi sasaran audit). Standar ini membahas audit atas laporan keuangan kelompok perusahaan (group financial statements) yang melibatkan beberapa KAP (Kantor Akuntan Publik). Definisi-definisi yang dicantumkan berikut (SA 600.9):
1. Component
Entitas atau kegiatan bisnis yang memliki informasi keuangan yang merupakan bagian dari laporan keuangan kelompok (group financial statements).
2. Component Auditor
Auditor yang melaksanakan audit atas informasi keuangan dari suatu component.
3. Component Management
Manajemen yang bertanggungjawab atas pembuatan informasi keuangan dari suatu component.
4. Component Materilality
Materilalitas untuk suatu component yang ditentukan oleh group engangement team.
5. Group
Seluruh atau semua component yang infromasi keuangannya termasuk dalam group financial statements.
6. Group audit
Audit atas group financial statement.
7. Group Audit Opinion
Pendapat atau opini audit atas group financial statements.
8. Group Engangement Partner
Partner pada KAP yang bertanggungjawab atas group audit engangement.
9. Group Engangement Team
Para partner termasuk group engangement partner, dan staff yang menetapkan strategi audit menyeluruh (overall group audit strategy), berkomunikasi dengan component auditors, melaksanakan pekerjaan yang terkait konsolidasi, dan mengevaluasi kesimpulan yang ditarik dari bukti audit untuk merumuskan opini atas group financial statements.
10. Group Financial Statements
Laporan keuangan yang meliputi informasi keuangan dari lebih dari satu component.
11. Group Management
Management yang bertanggungjawab atas penyusunan dan penyajian group financial statements.
12. Group Wide Controls
Pengendalian yang dirancang, diimplementasikan dan dipelihara oleh group management terhadap pelaporan keuangan kelompok.
13. Significant Component
Suatu component yang oleh group engagement team diidentifikasi sebagai component yang secara individual mempunyai aspek keuangan yang besar (financial significant) bagi group, atau karena sifatnya yang khas, sangat boleh jadi membawa resiko signifikan atas salah saji material dalam group financial statements.

SA 610 : Penggunaan Pekerjaan Auditor Internal
Penggunaan pekerjaan auditor internal untuk membantu organisasi dalam memelihara pengendalian intern. Namun, apakah pekerjaan auditor internal memadai untuk menentukan dampak yang direncanakan dari pekerjaan tersebut terhadap sifat, waktu dan luasnya prosedur Kantor Akuntan Publik, serta melaksanakan prosedur audit atas pekerjaan auditor internal untuk mengevaluasi kelayakan pekerjaan auditor internal untuk digunakan Kantor Akuntan Publik (SA 610).

SA 620 : Penggunaan Pekerjaan Pakar Auditor
Dalam istilah “Tenaga ahli auditor” Standar Audit (SA 620.6) mendefinisikan seseorang atau suatu organisasi yang memiliki keahlian (expertise) dalam suatu bidang diluar accounting atau auditing, yang pekerjaannya dalam bidang tersebut digunakan auditor/KAP untuk membantunya memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat. Seorang pakar auditor (auditor’s expert) bisa berasal dari KAP tersebut (atau jaringan), disebut auditor internal expert (auditor eksternal expert) yang berasal dari luar.

Jika setelah 4 halaman membaca semua ulasan Standar Audit Berbasis ISA, namun anda merasa belum cukup mengerti, berikut ada sebuah buku Standar Audit Berbasis ISA dengan harga spesial yang bisa anda miliki. mengapa harus ada standar dan kenapa harus International Standart on Auditing / ISA yang berlaku di indonesia?

Audit Berbasis ISA (Internantional Standards on Auditing)
Harga Normal Rp161.900 + diskon 10% = Hanya Rp145.710 (Stock Terbatas)
Demikian yang bisa kami sajikan untuk anda. Ulasan materi Audit terbaru dapat anda cek dengan klik (Materi Pengauditan lainnya) dalam website ini. Jangan lupa Subcribe E-mail anda dibawah halam website untuk terus mengikuti materi terbaru. tetap sabar menanti ya..

Artikel pilihan Penulis:

  1. Mengenal Akuntansi dan Share pengalaman magang di Kantor AkuntanPublik
  2. Fungsi Internal Audit dalam Sistem Pengendalian Manajemen
  3. Soal Accounting: Buatlah jurnal umum, buku besar dan 4 Laporan keuangan 
  4. Share pengalaman Magang di Kantor Akuntan Publik

Related Posts

SA 600 Penggunaan pekerjaan lain
4/ 5
Oleh